Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Test Drive All New Sirion M/T di Jalan Raya Malaysia, Suspensinya Lembut!

billy - Rabu, 19 Oktober 2011 | 14:03 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Kuala Lumpur - Perjalanan di hari pertama All New Sirion Test Drive in Malaysia (18/10) diisi dengan perjalanan Kuala Lumpur-Malaka. Sebuah All New Sirion bertransmisi manual jadi teman selama perjalanan.

Sebelum berangkat, Jimmy Yeow, Corporate Communication Perodua, ATPM Daihatsu di Malaysia mengingatkan bahwa perjalanan ini akan di dominasi jalanan lebar dan panjang di sekitar perkotaan. Dan akan menemui jalanan penuh tikungan sekaligus sempit.

"Dan hati-hati, ada beberapa daerah yang banyak hewan di pinggir jalan, seperti sapi," wantinya. Hemm pasti menantang..

Untungnya kualitas aspal di Malaysia jauh lebih baik dari Indonesia, bakal makin asik ni.! Perjalanan yang dimulai dari Sepang ini dilepas oleh terik matahari, gak masalah geber terus!

No caption
No credit
No caption

Lepas dari Sepang trek panjang lebih sering ditemui. Putaran mesin nikmat dibesut saat takometer mulai beranjak ke angka 3.000 rpm. Meski rambatan tenaganya halus, kecepatan 120 km/jam bisa dengan mudah diraih.

Dalam kondisi ini, konsentrasi malah tertuju pada kenikmatan suspensinya. Empuk membuat perjalanan jadi nyaman. Sedikit mengayun tapi efektif meredam getaran speed trap yang banyak ditemui sebelum tikungan. Cuma suara duk..duk..duk.. yang masih terdengar dari kabin.

Jalan rusak memang sulit ditemui di Malaysia, sangat berbeda dengan Indonesia. Jadi jangan tanya performa suspensinya ketika melibas jalan tak rata.  Paling banter guncangan terasa ketika merasakan getaran polisi tidur.

Dan benar, tidak lama berjalan hujan mulai turun, meski tak lama tapi cukup membuat aspal basah. Menariknya, kondisi ini disambut dengan jalanan pedesaan yang mulai berkelok.

Awalnya ragu untuk menikung karena jalanan hujan, lama kelamaan santai saja. Deretan tikungan bersudut lebar coba dilalui dengan kecepatan 80 sampai 90 km/jam.


Sayangnya karakter suspensi nyaman yang ditawarkan All New Sirion membuat pengendalian sedikit limbung. Terlebih ketika di tengah tikungan ada gelombang.

Tapi rasanya di Indonesia kenyamanan lebih utama ketimbang performanya melibas tikungan dengan kecepatan tinggi. Kondisi jalanan di Indonesia yang rusak dan kepadatan tinggi menjadi alasannya.

Masih soal kenyamanan, electronic power steering yang ditawarkan Daihatsu cukup meringankan kerja tangan. Pengemudi pemula atau wanita pasti akan dengan mudah memutar setir.

Perjalanan sejauh 130 kilometer ini pun berakhir di Malaka, kawasan pelabuhan bersejarah peninggalan bangsa Eropa di tanah Melayu. Saatnya istirahat! (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa