Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bedah Audio Mazda MX-5

billy - Jumat, 26 Agustus 2011 | 14:02 WIB
No caption
No credit
No caption

 
JAKARTA - Mazda MX-5 merupakan varian baru yang dipamerkan di ajang IIMS 2011 lalu. Desain mewahnya juga sebanding dengan kualitas suara di kabin yang cukup sempit itu. Berdasarkan pengetesan tonal balance (kualitas suara) menggunakan trek 39 dari CD IASCA, hasil reproduksi suara tergolong bagus di level mid dan low. Sementara frekuensi tinggi cukup baik buat kondisi standar.

Namun berdasarkan diagnosa menggunakan Real Time Analyzer (RTA), kesenjangan level oktaf kerap terjadi mulai frekuensi bawah hingga menengah. Sayangnya, hampir sebagian besar oktaf nada berada di posisi minus. Kondisi ini sangat berpengaruh pada score yang dihasilkan untuk respon frekuensi.

Sedangkan untuk pengujian kesenyapan kabin, pada kondisi ambient noise di luar kabin saat berlangsungnya pameran IIMS 2011 lalu, menghasilkan level kebisingan sebesae 84,2 dB. Sementara hasil pengukuran noise interior dalam kondisi semua pintu dan kunci tertutup rapat, efek bising hanya mencapai level 72,1 dB. Artinya, kabin Mazda MX-5 mampu meredeksi ambient noise level sebesar 12,1 dB. (mobil.otomotifnet.com)

REKOMENDASI :

Level frekuensi tinggi dan rendah perlu diturunkan agar menghasilkan keseimbangan nada pada frekuensi menengah, rendah dan tinggi. Dengan mengurangi treble ke posisi nol (0), dan bass juga dinolkan. 


HASIL PENGETESAN :

Kemampuan mereduksi kebisingan : 12,1 dB

Keseimbangan nada : 7-8 (bagus)

Score frekuensi respon (Max 30) : 18

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa