Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bedah Audio Nissan March

billy - Sabtu, 20 Agustus 2011 | 13:03 WIB
No caption
No credit
No caption

 
JAKARTA - Nissan March yang saat ini terbilang laris di pasaran, memang tidak dibekali tatanan sound system yang bisa menghasilkan suara mewah Berdasarkan pengetesan tonal balance menggunakan trek 39 dari CD IASCA, hasil reproduksi suara pada frekuensi tinggi tergolong kurang baik. Sementara nada di level mid serta low juga tak terdengar istimewa.

Kondisi ini juga diperkuat dari hasil diagnosa menggunakan RTA. Berdasarkan grafik frekuensi pada level low dan midbass, terjadi penyimpangan yang sangat curam.

Seperti di frekuensi 50-63 Hz (low), terjadi lompatan nada sejauh 3 step. Sementara pada frekuensi 100-125 Hz (midbass), terdeteksi terdapat penurunan suara sebanyak 4 oktaf. Hal ini sangat memengaruhi nilai pada score respon frekuensi yang dihasilkan.

Sementara untuk hasil pengujian kesenyapan kabin, pada kondisi ambient noise di dalam showroom yang cukup lengang, menghasilkan angka sebesar 73,7 dB. Dengan kondisi interior noise yang dihasilkannya sebesar 64,5 dB   (mobil.otomotifnet.com)

REKOMENDASI :
Sebaiknya menurunkan level frekuensi rendah (bass) beberapa step (+2), dan memposisikan balance di L2. Atau bisa menambah tweeter dengan sudut yang akurat untuk memperbaiki keseimbangan nada.


HASIL PENGETESAN
Kemampuan mereduksi kebisingan : 9,2 dB

Keseimbangan nada : 6-7 (cukup)

Score frekuensi respon (Max 30) : 15

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa