Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

All New Nissan Serena Highway Star 2011 Elgrand Versi Hemat?

Billy - Selasa, 5 Juli 2011 | 13:16 WIB
All New Nissan Serena Highway Star 2011 Elgrand Versi Hemat?
All New Nissan Serena Highway Star 2011 Elgrand Versi Hemat?

Nissan Serena C26
Indra Dober
Nissan Serena C26
Otomotifnet.com - Sudah lama rasanya keberadaan Serena generasi kedua, medium MPV andalan Nissan belum juga menampakkan pembaharuan wajah yang terbilang total.
 
Tahun lalu, kehadiran Nissan Serena dengan wajah facelift dari tuner Autech yang didatangkan PT. Nissan Motor Indonesia selaku ATPM Nissan di Indonesia, cukup menyegarkan.

Walaupun belum mampu memuaskan dahaga penggemar dan segmen pengguna MPV mapan di Tanah Air.

 
Padahal Serena generasi ketiga sempat dihadirkan Importir Umum (IU) pada medio paruh waktu 2006 hingga 2009. Beruntung beberapa pekan lalu, OTOMOTIF dihubungi Terminal Motor (TM), salah satu IU yang gencar mendatangkan model-model terkini.
Nissan Serena C26
Indra Dober
Nissan Serena C26

 Mesin 2.000 cc cukup optimal dan efisien dengan eco-mode
"Belum lama datang nih Pak, All New Nissan Serena Highway Star, ada pilihan warna silver dan hitam," ujar Benny S. Luhur, Marketing Manager TM yang menawarkan peliputan sekaligus sesi pengujian. Boleh juga tawarannya, lantaran Serena generasi keempat ini baru saja dirilis pada akhir November 2010 lalu untuk pasar domestik Jepang.

Paling mencolok dari mobil berkelir bodi silver metalik ini yakni area bonnet yang punya desain garis tegas. Sepintas mirip moncong All New Nissan Elgrand yang tersenyum dengan mata berbinar. Sudah begitu bodinya yang punya dimensi panjang 4.770 mm, dengan lebar 1.735 mm dan tinggi 1.875 mm ini memiliki area kaca yang lebih lebar dari generasi sebelumnya. Sangat MPV! Begitu impresi pertama yang didapat.

Nissan Serena C26
Indra Dober
Nissan Serena C26

 Kompartemen laci di kabin depan tersedia banyak
Langsung saja masuk ke area kabin di baris jok terdepan. Visibilitasnya luas dan lapang memandang ke segala penjuru di depan cakupan penglihatan. Posisi duduk di bangku pengemudi relatif santai, ergonominya mampu terakomodir dengan sangat baik. Apalagi jangkauan panel-panel instrumen relatif mudah dan praktis.

Desain dasbor dan panel indikator yang atraktif, rasanya tidak cepat jenuh jika berpergian jarak jauh dibalik kemudinya. Jika sesekali ingin mengemudi sendiri pun, kepraktisan dihadirkan lewat banyaknya laci atau celah dan wadah kompartemen untuk barang-barang kecil di seputaran wilayah baris jok paling depan.

Nissan Serena C26
Indra Dober
Nissan Serena C26

 Privasi sangat terjaga di kabin tengah
Di kabin tengah, sepasang jok model captain seat menyambut setelah dibukakan akses electric sliding door. Trim jok dan interior yang masih berbahan fabric, bukan kulit terbukti cukup nyaman. Motifnya mirip kepunyaan New Elgrand 2.5 yang sempat dihadirkan importir umum pada akhir tahun 2010 lalu.  

Oke, mari kita nikmati performanya. Akselerasi cukup terasa responsif, Begitu pun ketika menghadapi tanjakan maupun turunan di gedung perparkiran. Overhang atau jarak antara roda dengan bonnet dan buritan terdepan masih terjaga. Penggunaan mesin 2.000 cc direct injection berkode MR20DD L4 masih optimal mendorong bobotnya yang mendekati Elgrand.

Nissan Serena C26
Indra Dober
Nissan Serena C26

 Tampak belakang, dominasi kaca lebar sangat MPV!
Paduan girboks transmisi CVT Xtronic turut menambah kenyamanan mengemudikannya. Beda dengan pengendalian Elgrand 3.5 Highway Star dan Elgrand 2.5 Highway Star yang pernah diuji OTOMOTIF karakternya tegas. Sedangkan MPV berkode sasis C26 ini punya karakter informal.

Masih nikmat untuk peruntukan rekreasi maupun keperluan resmi. Artinya santai bisa, serius juga bisa. Paket hemat!  

Editor : Billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa