Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

First Drive Mercedes-Benz E63 AMG, Suaranya Memukau

Editor - Kamis, 22 Juli 2010 | 11:47 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Iya.... memang,... Bikin orang kaget, kagum sampai nggak percaya. Injak pedal gas tiba-tiba, dari knalpotnya langsung terdengar...whhoo..aaar..., whhooaarrr....!!! Jarum rpm-nya bergerak cepat ke redline 5.000 rpm. Mesinnya melengking enggak ada matinya.... Asalnya dari Mercedes Benz seri E. Cuma bukan E-Class biasa, tapi E63 AMG. Kencang dong...?

Iya... memang,... Di hidungnya ada mesin Mercedes Benz V8 6.300 cc modifikasi AMG. Sumber daya dengan 8 piston itu menghasilkan 518 dk. Lebih kuat dari gabungan empat mesin All New Honda Jazz. Tenaga itu disalurkan ke roda belakang, lewat transmisi Mercedes Speedshift MCT 7-speed.. Girboks otomatis pintar itu juga dimodifikasi AMG. Program Comfort (C), Sport (S) dan Sport+ (S+) nya dibuat lebih responsif, lalu ditambah pilihan Manual (M) dengan paddle shift di setir.

Meski ruang penumpangnya mirip E-Class 200 atau 250, tapi di belakang setir suasananya jadi beda. Pengemudi E63 punya lebih banyak ‘mainan’ untuk memaksimalkan performa sedan 4 pintu ini. Selain paddle shift, di samping tuas transmisi ada empat tombol pengatur program transmisi, kontrol traksi, setelan suspensi. Satu lagi mengaktifkan semua program tadi sekaligus secara simultan.

No caption
No credit
No caption

Mesin 6.300 cc naturraly aspirated 518 dk. 0-100 km/jam cuma 5,5 detik
No caption
No credit
No caption

Sepasang jok depan ada heater dan cooler. Cess..
No caption
No credit
No caption

Instrument cluster memendarkan kemewahan

Roarr..suara khas knalpotnya

Nuansa sedan berkelas khas Mercedes terasa dalam kabin. Mewah karena semua jok serta panel-panel dilapis kulit. Semua fitur pendukung kenyamanan juga ada di situ. Tapi karakter sedan cepat langsung hadir waktu menyalakan mesin. Entakannya lebih kuat dibanding E-Class standar, begitu pedal gas diinjak. Padahal transmisinya masih dalam posisi D. Kalau program transmisi pintarnya dipasang di S, perpindahan gigi bisa 20% lebih cepat. Makin cepat lagi pindah giginya kalau kita pakai program S+. Sementara pilihan Manual bisa bikin perpindahan giginya hanya butuh 0,100 mili detik. Dari berhenti, E63 bisa berakselerasi kurang dari 6 detik, mencapai 100 km/jam. Inilah sedan premium paling cepat yang pernah dicoba OTOMOTIF.

Mengagumkan, karena E63 bisa secepat dan seagresif mobil sport, tanpa kehilangan jeda waktu pengemudi memainkan pedal gas. Tenaganya juga seperti tak terbatas atau kurang, waktu OTOMOTIF coba bermanuver seperti mengemudikan sedan sport dengan girboks manual. Cengkeramannya ke jalan juga mengasikkan. Tinggal memilih setelan suspensi supaya sesuai dengan kebutuhan atau gaya mengemudi cepat. Ban Pirelli bertelapak lebar juga ikut berperan memaksimalkan traksinya.

Mengemudikan Mercedes Benz E63 jadi gampang, karena dia bisa bersabar sambil melaju lembut di tengah kemacetan lalu lintas kota. Tapi kalau mau diajak ngebut sambil mengasah nyali dan keterampilan mengemudi dia juga punya beragam fitur pendukungnya.

Penulis/Foto: Djs / Ayub

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa