Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Land Cruiser Prado, Penerus Tahta Light Toyota Land Cruiser 200

Iday - Senin, 8 Februari 2010 | 08:46 WIB
Toyota Land Cruiser Prado 2010
Toyota
Toyota Land Cruiser Prado 2010

OTOMOTIFNET - Sejak awal, Toyota Land Cruiser Prado memang dibuat untuk mengisi line-up  di bawah seri tertinggi yang generasi barunya dikenal sebagai TLC 200 Series.

Itu sebabnya Prado mendapat tugas sebagai Light Duty Land Cruiser. Gelar itu pun masih disandang hingga kini Prado menginjak generasi IV.

Reputasinya sebagai salah satu SUV yang sukses di dunia menjadikan kemunculan generasi keempat sebagai model 2010 ini ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Kali ini kami mendapat kesempatan untuk mencicipi SUV yang memulai debutnya di dunia pada Oktober 2009.

Dalam kesempatan ini, kami menjajal versi bermesin 4 silinder 2.700 cc VVT-i yang dihadirkan lewat jasa importir umum (IU).

Melihat spesifikasi teknisnya, kami langsung tahu bahwa mesin ini tak lain adalah Toyota 2TR-FE yang juga digunakan oleh Fortuner 2.7 G dan dulunya Kijang Innova 2.7 V.

Meski bukan mesin terbesar di line-up  Prado, unit tes kami ini merupakan top level  dalam hal trim  kelengkapannya. Artinya, hanya setingkat di bawah model tertinggi TLC Prado bermesin 4.000 cc V6.

Predikat Light  TLC yang disandang Prado tentu bukan pepsan kosong. Sebagai salah satu line-up  SUV paling terkenal di dunia, Prado generasi keempat ini tak bisa dipisahkan dari ketangguhan dan kekuatan Toyota Land Cruiser. Dan sebagai SUV modern, kenyamanan menjadi poin penting yang tak bisa diabaikan.

Walau hanya 4 silinder, performa mesin yang tertanam di bawah bonnet-nya sudah memadai – kalau belum bisa dikatakan sangat bertenaga. Tentu saja tidak fair  jika kita membandingkan performanya dengan mesin V6 yang ada di model tertinggi.

Salah satu ciri SUV modern yang bisa dilihat pada Prado adalah sistem penggerak empat roda pintar yang bekerja secara otomatis. Namun sistem 4x4 ini tetap dapat diaktifkan secara manual dengan memutar tombol pada dasbor.

Kemampuan bermanuver di medan off-road  semakin lengkap dengan kehadiran fitur Multi-terrain Select.  Sistem ini berfungsi mengontrol tenaga mesin dan rem secara otomatis untuk mengoptimalkan traksi dan mengontrolnya ketika mobil berada di berbagai permukaan.

Nah, saat melewati medan off-road  ekstrem, kerja pengemudi dibuat lebih mudah oleh sistem Multi-terrain Monitor. 

Fitur ini memberi informasi visual kepada pengemudi tentang kondisi di luar kendaraan yang ditangkap oleh empat kamera di setiap sudut mobil dan ditampilkan di layar monitor di tengah dasbor.

Nah, informasi ini diperkuat lagi dengan fitur Steering Angle Display  yang bisa memberikan prediksi bagi pengendara dalam bermanuver ketika melalui medan yang sulit.

Kabin Prado yang luas dilengkapi jajaran tiga baris bangku, yang baris ketiganya dapat dilipat dan ditegakkan secara elektronis. Suasana di kabin semakin nyaman dengan alunan musik yang direproduksi oleh sistem audio JBL Synthesis 7.1 channel surround  yang dilengkapi 14 speaker.

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa