Bisa Gelap Sendiri, Kenali Fungsi Electrochromatic Mirror

Selasa, 21 Juli 2015 | 15:47 WIB
No caption
No credit
No caption


Jakarta - Bagi pengemudi yang sering keluar malam, pasti sudah tidak asing lagi nih kejadian seperti tiba-tiba mengalami kesilauan dari kaca spion tengah. 

Hal ini biasanya diatasi dengan mengatur sudut spion tersebut agar tidak terkena pancaran lampu berlebihan lagi. Namun pada mobil canggih, ternyata tidak perlu melakukan hal tersebut untuk menghindari kesilauan.

Coba perhatikan pada mobil-mobil dengan teknologi canggih, misalnya Mazda CX-5, Honda Accord dan Toyota Camry. Pada spion tengah, terdapat suatu tombol yang mematikan indikator lampu disebelahnya ketika ditekan. Nah, ternyata itu adalah switch untuk mengaktif/non-aktifkan electrochromatic mirror. Wah, apa tuh?

Electrochromatic mirror atau yang biasa disingkat ECM, merupakan spion tengah yang sudah menggunakan material kaca yang dapat berubah warna ketika mendeteksi cahaya dalam level tertentu. ECM biasa dikenal juga dengan nama Auto-Dimming Rear View Mirror.

Bagaimana cara kerjanya? Sesuai namanya, prinsip elektrokromisme (electrohromism) memanfaatkan perubahan level energi yang diterima agar materialnya dapat berubah warna. Dalam hal ini, spion tengah jenis ECM akan berubah dari warna cermin biasa menjadi hijau seperti pada tinted glass, sehingga pengemudi tidak akan mengalami kesilauan meskipun mendapat sorotan cahaya.

Tentu tidak setiap cahaya yang diterima ECM langsung dapat merubah warna kaca. Sebuah foto detektor digunakan untuk mendeteksi jumlah cahaya yang diterima. Ketika jumlahnya lebih besar yang ditentukan, barulah warna kacanya akan berubah menjadi hijau.

Pada mobil yang lebih canggih lagi seperti Mercedes-Benz C200 dan Porsche Boxster juga memiliki fungsi ECM pada kaca spion sebelah kirinya. Fungsinya, tentu mencegah pengemudi mendapat cahaya berlebihan dari belakang yang justru akan membahayakannya.

Nah, sudah lebih mengerti kan fungsi kaca spion tengah ECM yang bisa gelap sendiri ini? (mobil.otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa