Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pentingnya Obat-Obatan Pribadi Buat Di Perjalanan

Otomotifnet - Selasa, 7 Juli 2015 | 16:26 WIB
No caption
No credit
No caption


Perjalanan jauh tentu akan melalui perjalanan yang cukup jauh dan waktu yang tidak sebentar. Bagi yang memiliki masalah kesehatan khusus, tentu harus cermat memperhatikan kesehatan secara khusus juga.


Jakarta - Berikut tips yang harus dipersiapkan menurut MGS Farhan, dokter muda yang praktik di Unit Gawat Darurat (UGD) RSUD Cahaya Batin, Kabutapen. Kaur, Bengkulu. Ia dihubungi beberapa waktu lalu (24/6). Tips pertama, lakukan Medical Check Up terlebih dahulu baik ke dokter umum maupun dokter pribadi,

paling tidak seminggu sebelum keberangkatan guna mengetahui kondisi Anda sebelum melakukan perjalanan. Infokan hasil pemeriksaan kepada keluarga agar mengetahui kondisi Anda sehingga jika terjadi hal tertentu dalam perjalanan, keluarga tidak panik dan dapat melakukan penanganan seperti pemberian obat dan sebagainya.

Kedua, siapkan obat pribadi anda sesuai hasil check up dan konsultasi dengan dokter sehingga dapat menyiapkan obat dalam jangka waktu yang diperlukan, dan anda juga dapat meminumnya secara teratur. Ketiga, selalu mengetahui keadaan tubuh Anda jangan sampai menunggu drop baru melakukan penanganan untuk meghindari hal-hal yang bersifat fatal dan terlambat menanganinya.

“Ketiga tips tersebut berlaku bagi Anda yang memiliki masalah kesehatan khusus, seperti diabetes biasanya obat khusus yang dikonsumsi adalah (Metformin 500 mg), bagi yang memiliki asma harus membawa (Albuterol USP Inhalation Aerosol) untuk berjaga-jaga, jika punya alergi dapat mengkonsumsi (Lacomin), obat asam lambung (Ranitidine) dan obat diare (Diatabs),” jelas Farhan panjang lebar. 

Antisipasi Di Perjalanan

Ada tips tambahan dalam perjalanan yang harus dipersiapkan menurut Farhan. “Buat dua jenis obat yang berbeda sesuai keperluannya yaitu obat-obatan umum tersimpan di P3K harus selalu siap sebagai antisipasi di saat urgent, dan obat khusus harus dipisahkan di kotak ataupun wadah lain agar tidak terbaur dengan obat umum.”

Selain itu cari rute yang ada posko mudik karena ada beberapa posko mudik itu menyediakan tempat istirahat. • (otomotifnet.com)


Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa