Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ganti Shock Absorber Bagasi Hyundai H-1

Otomotifnet - Rabu, 8 Juli 2015 | 13:03 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta
- Pernah enggak sedang memasukkan barang ke bagasi lalu tiba-tiba kepalanya terantuk pintu belakang? Kalau sampai terjadi seperti ini, biasanya karena shock absorber sudah rusak alias kehabisan gas.Efeknya, beban berat pintu harus ditanggung semua oleh tangan. Ribet ya sepertinya kalau yang dibuka itu pintu bagasi MPV seberat 3 ton seperti Hyundai H-1.

"Berapa lama sok bagasi H-1 bisa tahan itu tidak ada waktu pastinya dari pabrikan, yang jelas semakin cepat dibuka tutup pasti umurnya semakin pendek," jelas Denny, Service Helper Hyundai Pondok Indah.Kenapa? Tentunya karena gas dari sok yang terus-terusan melalui proses kompresi saat menutup maupun membuka. Perlahan, sebagian keluar dari segel yang mengendur.

Solusinya tentu ganti satu set dengan yang baru. Nah, kalau mengunjungi gerai spare parts di luar bengkel resmi, bisa tengok shock absorber bagasi versi aftermarket dari Korea nih. "Sekarang sudah ada versi kw, harganya Rp 450 ribu sepasang, kalau yang asli bisa Rp 700 ribuan," ujar Margono dari gerai Fajar Motor, di Bintaro Trade Center, Tangsel.

Ternyata cara pasangnya mudah loh, tapi tidak bisa pasang sendiri ya karena butuh rekan untuk menahan pintunya. Penasaran? Yuk, simak caranya di bawah. • (otomotifnet.net) 

Fajar Motor (021) 7458484


No caption
No credit
No caption

1. Sebelum mulai, siapkan dulu kunci T dan kunci pas nomor 12 untuk urusan membuka dan mengunci baut. Sambil meminta partner untuk menahan beban pintu, buka sok yang lama. Namun sebaiknya kerjakan salah satu sok terlebih dahulu, pasang yang baru, kemudian baru kerjakan yang lainnya

No caption
No credit
No caption

2. Setiap sok baru dibekali 2 engsel, pada bagian bawah dan atas dengan masing-masing ada 2 lubang baut. Pasang bagian bawah terlebih dahulu agar lebih mudah memposisikan. Gunakan kunci pas 12 mm untuk mengencangkan baut. Namun jangan terlalu ketat untuk memudahkan pemasasangan sisi atas


No caption
No credit
No caption

3. Setelah bagian bawah terpasang, engsel bagian atas diangkat ke atas. Baut dimasukkan ke lubangnya terlebih dahulu menggunakan tangan, baru kemudian dikencangkan menggunakan kunci T. Kalau sudah, langkah-langkah ini diulang untuk sisi selanjutnya


4.Sebelum meminta rekan anda melepas pintu yang ditahannya, coba kencangkan semua baut yang terpasang untuk memastikan tidak ada yang kendur dan mencegah rusaknya engsel. Kemudian bila sudah aman, lepas pegangannya, bila pintu bagasi tidak turun berarti sok sudah bekerja dengan baik. Mudah kan?


Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa