Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ganti Injektor BBM Avanza Xenia

Otomotifnet - Selasa, 7 Juli 2015 | 14:06 WIB

Jakarta - Menjelang musim libur Lebaran begini, memang paling enak memastikan terlebih dulu bahwa ‘tunggangan perang’ sudah layak untuk menerjang jalan.
 
Kebetulan, New Xenia Avanza Community (NEXA) doyan sekali oprek dan menemukan salah satu poin yang dapat dimaksimalkan, yaitu penggantian injektor bahan bakar.

“Standarnya yang berlabel Denso hanya memiliki 4 lubang, kurang greget dipakai perjalanan antar kota,” sebut Andrie, member NEXA chapter Tanggerang.

 
Tuner klub ini yaitu Hermawan Tjahyadie punya resep jitu soal injektor ini.“Ditukar saja dengan injektor 12 lubang berlabel Aisan, dijamin tenaga makin sip,” jelas pria yang akrab disapa om Tije ini.

Lama pengerjaan juga kurang dari satu jam kok, jangan lupa siapkan peralatan seperti kunci pas 12, dan kunci 10 & 12.Mau tau langkah-langkah penggantian injektor seperti apa? Nyok intip di bawah ini. • (otomotifnet.com)


Ini bedanya injektor standar berwarna oranye (kiri) yang hanya memiliki 4 lubang dibandingkan injektor baru yang memiliki 12 lubang.
 
“Boleh diingat bahwa injektor Aisan asli yang 12        lubang warnanya hijau,” wanti om Tije yang sudah menyediakan banyak stok injektor seperti ini.


Lepas boks filter udara dari dudukannya, kemudian fuel rail dan soket injektor menjadi sasaran selanjutnya, hati-hati  saat melepasnya.
 
Baru setelah itu keempat injektor standar dilepas satu persatu.


Kemudian pasanglah injektor baru seharga 1,850 juta ini, tinggal tancap saja.
 
“Sebenarnya injektor ini aftermarket untuk Toyota Yaris, namun karena bentuknya sama maka bisa dipakai ke mesin Xenia Avanza, juga Rush, Terios dan Luxio,” ujar pria berkacamata ini.


Lanjutkan memasang fuel rail kembali, dengan cara menekan bagian ujungnya.
Karena bila hanya ditekan dari tengah, dikhawatirkan fuel rail tidak terpasang sempurna.
Kemudian cek pada injektor baru, wajib bebas geraknya. Caranya dengan menggoyang ujung injektor.
”Bila sampai kaku, kemungkinan injektor terpasang miring,” wanti om Tije.
 
Kemudian diuji dengan cara kontak di posisi On untuk mengetahui apakah sudah terpasang sempurna. Kalau tidak, akan ada bahan bakar yang muncrat dari fuel rail atau injektor.


Langkah terakhir adalah reset ECU dengan cara mencabut negatif aki.
 
Kemudian nyalakan mesin dengan bukaan gas besar supaya injektor baru terkalibrasi ulang di rpm tinggi, dan silakan rasakan perbedaannya.
 
“Jadi lebih kuat di tanjakan, karena semburan bahan bakarnya kencang,” ungkap Tito, salah satu member NEXA yang sudah  mengapliikasikannya di All New Xenia miliknya.

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa