Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasang Klakson Suara Ganda Multitech, Dua Jalur Dua Suara

Otomotifnet - Selasa, 7 April 2015 | 12:04 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Selama ini, klakson model keong yang banyak beredar pasti sudah terbayang kan. Belum lagi, muncul juga klakson keong yang didesain waterproof seperti milik Denso dan Multitech. Model terompet untuk keluaran suara yang dibuat seperti ada penahannya, diklaim meminimalkan air masuk ke dalam klakson.

Kelebihan waterproof alias anti-air, sudah pasti langsung terlihat berkat desain ‘mulut’ terompet. Nah, bedanya klakson lansiran Multitech tipe Dual Track ini adalah punya 2 keluaran jalur suara.

“Jadi suara yang keluar tak hanya melalui terompet yang biasanya diposisikan ke arah bawah kendaraan, tapi ada jalur lagi di badan klakson yang bakal mengarahkan suara langsung ke depan,” jelas Almus Hidayat, Sales Manager Multitech Indonesia.

Memasangnya pun tak butuh waktu banyak. OTOMOTIFNET yang pasang di Nissan X-Trail keluaran 2009 hanya butuh waktu sekitar 20 menit sampai selesai. Soalnya, selain pakai dudukan yang sudah tersedia di tiang pada apron depan. Klakson ini tak butuh relay tambahan.

Langsung lihat yuk cara pasangnya… • (otomotifnet.com)

No caption
No credit
No caption

Ini dia klakson seharga Rp 400 ribu yang bisa dibeli di toko aksesori atau situs online Multitech. Tersedia 2 buah klakson, masing-masing punya frekuensi sebesar 400Hz dan 500Hz sebagai pembeda jenis suara. Hasilnya, keluaran suara bakal lebih nyaring.

No caption
No credit
No caption

Desain bodinya dibuat waterproof alias tahan air, karena ‘mulut’ terompet lebih terlindung. Selain itu, pada bodi depan juga terdapat lubang untuk keluaran suara. Jadi, enggak hanya terarah ke bawah layaknya klakson terompet biasa, namun tetap ada suara yang diarahkan langsung ke depan.
 

No caption
No credit
No caption

Pada Nissan X-Trail, sebaiknya mesti melepas gril lebih dulu agar lebih mudah. Cukup lepaskan klem plastik penguncinya dengan obeng min. Lalu pasang soket plus dan minus pada klakson, pastikan keduanya kencang untuk menghindari korslet atau short circuit. Bisa tambah isolasi listrik untuk membungkus soket agar lebih rapat.

No caption
No credit
No caption

Selanjutnya tinggal memasang klakson pada dudukan di tiang apron. Gunakan 2 buah baut 12 mm yang jadi lokasi klakson standarnya, kencangkan dengan kunci ring 12 mm. Nah walau didesain waterproof, usahakan tetap memasang klakson ke arah bawah agar lebih terlindung.

Soalnya, kan di bodi sudah ada jalur untuk keluaran suara ke arah depan. Jadi enggak usah khawatir suara bakal mendem. Untuk kendaraan yang berbeda lokasi dudukannya, selain baut 12 mm sebagai pengunci, posisinya bisa diatur melalui baut 10 mm yang terdapat di bagian belakang klakson. Atur supaya lebih terlindung di balik bumper.

Setelah semua terpasang, coba dulu tekan tombol klakson beberapa kali untuk memastikan suaranya sudah keluar sempurna. Gampang kan…


Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa