Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yuk, Pasang Paddle Shift di Mazda CX-5

Dimas Pradopo - Jumat, 19 Desember 2014 | 09:03 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Mazda CX-5 yang saat ini beredar di Indonesia belum dilengkapi paddle shift. Padahal di negara asalnya, sudah ada perangkat yang mempermudah perpindahan gigi tersebut.

Tidak terlalu rumit untuk memasang komponen ini, hanya butuh kesabaran dan ketelitian tinggi. Sebab menyangkut beberapa hal yang penting, seperti airbag dan pelepasan aki. "Sebenarnya konsumen dibuat sangat mudah kok. Semua ada dalam paket kelengkapannya termasuk juga cara pasangnya. Hanya saja orang-orang masih enggan mencoba karena resiko yang cukup tinggi," sebut William dari W7 Carsmetic yang sudah sukses pasang di beberapa Mazda CX-5. Bagi konsumen yang ingin dipasangkan, William mematok harga Rp 7,5 juta.

Nah, bagi yang ingin mencoba pasang sendiri, pria yang juga modifikator body kit ini akan berbagi ‘cerita'. • (otomotifnet.com)

No caption
No credit
No caption

1.Tools seperti kunci L dan obeng ini menjadi salah satu kelengkapan selain perangkat paddle shift itu sendiri. Dalam paketnya, terdapat kabel, soket dan juga kertas petunjuk pemasangan yang sangat jelas namun dalam bahasa Jepang.

2.Dengan menggunakan kunci L, buka penutup tengah setir yang ada airbag-nya. Bukan dengan diputar, tapi justru dengan menekan kunci L. Ada 3 lubang untuk membuka bagian tengah setir tersebut
No caption
No credit
No caption

3.Setelah terbuka sedikit, buka aki untuk memutus seluruh arus listrik di mobil. Untuk berjaga-jaga supaya tidak terjadi hubungan pendek. Bagi mobil-mobil yang sudah remap atau reflash ECU harus berpikir dua kali untuk hal ini karena dikhawatirkan akan mengacaukan program yang ada.
No caption
No credit
No caption

4.Setelah terbuka, akan terlihat dua soket. Yang sedang dipegang untuk dihubungkan dengan kabel soket ke paddle shift. Jalurnya sudah diberitahu dalam buku petunjuk. Sedangkan soket kanan adalah milik airbag. Untuk membukanya dengan cara mencongkel pakai obeng yang sudah ada. Setelah itu buka setir pakai kunci roda. Sekaligus juga untuk memasang perangkat paddle shift.

5.Langkah selanjutnya, buka cover setir menggunakan obeng +. Saat sudah terlepas akan terlihat soket tepat dibawah setir. Lepas soket dari ‘rumah'nya supaya kabel paddle shift bisa berkoneksi ke soket tersebut.

6.Tiga kabel paddle shift akan dimasukkan ke barisan soket yang bawah. Mulai dari kedua dari kanan, berturut-turut ke kiri. Kemudian lepaskan juga soket yang memiliki dimensi lebih besar, tepat diatas pedal rem.

7.Setelah semuanya beres, atur kabel dengan rapi. Kemudian pasang kembali semua soket yang ada dan cover setir. Paddle shift akan siap digunakan. 

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa