Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Aplikasi Tool Fleksibel, Hobi Makin Moncer

Dimas Pradopo - Jumat, 12 Desember 2014 | 08:06 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Kalau jatuh hati sering membaca OTOMOTIF, biasanya senang ngoprek nih. Nah, kalau lagi utak-atik mobil, biasanya pernah mengalami beberapa kondisi seperti, lokasi baut yang terlalu nyelip, mur jatuh setelah dilepas, bahkan bingung mau melihat part yang tersembunyi, apakah kondisinya masih bagus atau sudah apkir.

Walau susah, bukan berarti hobi ngoprek terhenti dong. Biar hobi ngoprek makin moncer. Ada tool bikinan Wealthy yang dinamakan Flexible Screwdriver Set. Dalam satu boks, terdapat 2 batang fleksibel sepanjang 60 cm yang bisa digunakan sebagai perpanjangan obeng, kunci sok dan sebuah batang 70 cm yang ujungnya terdapat magnet dan capitan (gbr.1).
No caption
No credit
No caption

Ketiganya mempunya mata yang berbeda. Untuk obeng, mata yang disediakan cukup banyak, terdapat 2 buah obeng plus dan 2 buah obeng min, berikut 6 buah mata obeng bintang (gbr.2). Sedangkan untuk kunci sok hanya tersedia 4 ukuran, yakni 5 mm, 6 mm, 7 mm dan 8 mm (gbr.3).

Aplikasinya sangat mudah kok. Cukup selipkan mata obeng atau kunci sok yang mau dipakai, lalu arahkan ke baut atau sekrup yang ingin dibuka atau dikencangkan. Memang, kalau mau lebih yakin kunci ini tidak terpeleset, pegang juga bagian ujung yang dekat sekrup dengan tangan satunya.
No caption
No credit
No caption

Paling seru ketika memakai tool ini untuk mengintip part yang tersembunyi di kolong. Ketika OTOMOTIF coba untuk melihat kondisi karet boot as roda, sekarang enggak perlu ngolong lagi. Cukup selipkan senter mungil yang tersedia di batang fleksibel, lalu atur cermin yang disediakan (gbr.4). Selanjutnya tinggal arahkan cermin ke boot as roda tersebut. Tak hanya karet boot, alat ini efektif untuk melihat apakah ada kebocoran oli di karter ataupun melihat apakah ada soket listrik yang sambungannya tidak sempurna.
No caption
No credit
No caption
Nah, tak hanya untuk mengintip spare part. Ketika cerminnya dicopot, magnet yang terdapat pada ujung fleksibel ini juga ampuh mengangkat sekrup atau baut yang jatuh di lokasi tersembunyi seperti sasis. Bahkan kalau tidak terbuat dari besi, tinggal tekan ujung batang fleksibelnya untuk mengeluarkan capitan yang berguna menjepit baut yang ingin diambil (gbr.5).

Kalau ingin melengkapi tool di garasi, silakan buka saja website www.multitecstore.com untuk memesan. “Harga untuk online ditawarkan Rp 1 juta,” ucap Arief Hidayat, pemilik merek Wealthy. • (otomotifnet.com)

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa