Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bersihkan Ruang Mesin Ternyata Banyak Manfaatnya

Kamis, 11 September 2014 | 08:26 WIB
No caption
No credit
No caption


Bukan rahasia lagi. Perawatan mobil lebih banyak di sektor eksterior dan interior. Satu tempat yang jarang ditengok adalah ruang mesin. Bahkan saat ‘dimandikan’ di gerai pencucian, sektor dapur pacu ini jarang ditengok.

Padahal, ruang mesin tak kalah pentingnya. Efeknya memang tak terlihat langsung seperti membersihkan kabin dan bodi. Tapi, bisa dirasakan dampaknya. “Ðengan melakukan pembersihan di ruang mesin, tak hanya bikin lebih bersih, tapi juga mendeteksi gejala-gejala yang berdampak pada kenyamanan berkendara,” tegas Ode Mimi Putra, pemilik bengkel Ode Car Garage di Serpong.

Paling gampang di lapisan luar blok silinder. Bila tak dibersihkan berbulan-bulan, maka akan terjadi penumpukan debu. Debu akan semakin tebal ini dan mengerak. Saat terjadi kebocoran paking oli, maka rembesan oli akan susah terdeteksi.

Begitupun bila debu menumpuk di kondesor AC. “Tumpukan debu akan menyulitkan kondensor bersirkulasi dan membuat penyejuk udara di kabin berkurang dinginnya,” ujar Dodi Hardianto, Manajer Marketing PT Denso Indonesia. 

Enaknya membersihkan ruang mesin, sekaligus bisa mengontrol part-part di dalamnya. Misal, kebocoran pada master rem dan klem sambungan karet-karet radiator.

So, luangkan waktu setengah hingga satu jam untuk membersihkan ruang mesin. Yuk!

No caption
No credit
No caption


1.Untuk membersihkan ruang mesin, menggunakan cairan pembersih yang berbeda. Siapkan deterjen pencuci piring, sikat gigi, kuas, lap chamois dan lap bersih. Deterjen ini bisa digunakan untuk membersihkan semua part di ruang mesin.

Siapkan juga minyak tanah untuk noda dan kerak yang membandel. “Ingat, minyak tanah hanya untuk part berbahan aluminium atau besi. Jangan terkena part berbahan karet,” tambah Ode.


No caption
No credit
No caption


2.Siram bagian bawah blok silinder, karter mesin dengan air. Bila terlalu kotor, kuas dengan minyak tanah lalu bersihkan dengan sikat gigi. Bilas dengan air deterjen. Kemudian bersihkan dengan air. Barengi dengan mengecek apakah ada kebocoran oli di paking.

No caption
No credit
No caption

3.Untuk bagian cover kepala silinder dan part lain berbahan plastik, bersihkan hanya dengan menyeka menggunakan air deterjen dan lap chamois. Lalu bilas dengan air dan keringkan dengan lap bersih.

No caption
No credit
No caption


4.Mengoptimalkan sektor pendingan mesin dan AC, siram kisi-kisi radiator dan kondensor. Bila terdapat serangga mati atau kotoran lain, bersihkan dengan sikat gigi perlahan-lahan. Jangan terlalu kuat yang bisa membuat kisi-kisi kondensor malah tertekuk, bahkan bocor.



5.Bersihkan karet-karet seperti karet radiator, filter udara dengan menyiramkan air dan deterjen. Lalu keringkan. Sembari mengeringkan, cek klem pengikatnya, apakah kendur atau justru karatan. Langkah ini juga bisa dibarengi dengan mengecek persediaan air cadangan radiator di reservoir dan wiper.
(mobil.otomotifnet.com)
 

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa