Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Alternatif Kampas Rem Toyota Altis ala Altis Indonesia Community

Minggu, 10 Agustus 2014 | 13:07 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption


Jakarta - Enggak sedikit pembesut mobil yang kebingungan bila kampas rem depan besutannya habis, tapi stok part orisinal lagi habis. Namun beberapa member Altic (Altis Indonesia Community) ini punya 2 alternatif pilihan.

Pertama pakai kampas rem saudaranya, Toyota Vios. Solusi kedua pakai versi aftermarket keluaran Ferodo.

“Beberapa tahun lalu, kampas rem depan saya habis, tapi kebetulan jauh dari dealer resmi. Akhirnya saya aplikasi brake pad merek Ferodo, bentuknya sama persis dengan orisinalnya. Meski bahan kampasnya lebih empuk, tapi tetap awet dan tahan lama. Saya sudah pakai lebih dari 2 tahun belum habis,” tutur Ahmad Roland, Ketua ALTIC.

No caption
No credit
No caption

1.Brake pad Altis (atas) dan Vios (bawah) lansiran 2007 ke atas, berbeda. Altis lebih panjang, sedangkan Vios agak pendek

Johannes, penggawang Dapur Pacu Autoworks yang menjadi bengkel rujukan komunitas ini menambahkan.

“Kalau berencana pakai kampas rem versi aftermarket, saya rekomendasi merek Brembo atau Ferodo. Harganya kisaran Rp 450 ribuan/set (kiri kanan), yang pasti lebih murah dari orisinalnya,” tawar pebengkel di Jl. Tanjung Duren Raya No.93, Jakbar.

No caption
No credit
No caption

 
2.Kemasan dan part number antara kampas rem Altis (kiri) dengan Vios (kanan) lansiran 2007 ke atas berbeda

Johannes berani jamin kalau kedua kampas rem tersebut kualitasnya bagus. “Enggak timbul bunyi, tahan panas hingga 400 derajat serta lebih kuat dan tahan lama dibanding kampas orisinalnya. Tapi kalau pengin tetap pakai part OEM, alternatif bisa subtitusi pakai kampas rem orisinal Vios,” imbuhnya.

No caption
No credit
No caption

 
3.Versi aftermarket bisa pakai merek Brembo atau Ferodo. Harga lebih murah tapi kualitas enggak kalah dengan orisinal

Menanggapi hal tersebut, Rastomo, Asisten Kepala Bengkel Astrido Toyota Kebon Jeruk menambahkan. “Kampas rem depan Altis dengan Vios memang sama persis, tapi masing-masing yang lansiran di bawah tahun 2007. Kode part serta harganya juga sama, yakni Rp 606 ribu. Kodenya 04465-YZZQI,” paparnya.


 
4.Pemasangan kampas rem aftermarket juga tinggal plek alias plug and play

Pria berkantor di Jl. Raya Pejuangan No.33A, Kebon Jeruk Jakbar ini juga menambahakan kalau Altis dan Vios keluaran 2007 ke atas, brake pad-nya beda dan enggak bisa subtitusi. “Bawaan Altis lebih panjang dengan kode 04465-02310, dibanderol Rp 645 ribu. Sedangkan bawaan Vios agak pendek, dengan kode 04465-52240 seharga Rp 758 ribu,” imbuhnya. (mobil.otomotifnet.com)

Dapur Pacu Autoworks: 021-568 2557
Astrido Toyota Kebon Jeruk: 021- 530 2722


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa