Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cat Semprot Stiker, Usir Bosan Tinggal Semprot

Selasa, 10 Juni 2014 | 09:04 WIB
No caption
No credit
No caption

Ketika memodifikasi, pasti banyak yang sering merasa bosan dengan gaya yang dianut. Entah pilihan barangnya, sampai ke warna cat yang mulai ketinggalan zaman. Nah, kala bosan dengan kelir bodi melanda. Coba saja semprot cat aneka warna dengan kaleng ini.

No caption
No credit
No caption


Tapi tenang, walau disemprot layaknya cat. Setelah kering bisa dikelupas seperti stiker loh. Kalau merek sebelumnya ada Plastidip atau ragam merek lain asal Cina. Sekarang, ada pilihan baru yakni Easyskin asal Korea (gbr.1).

No caption
No credit
No caption


“Bedanya, Easyskin menggunakan bahan dasar akrilik, bukan rubber atau karet,” terang Tommy Suhendar, sole distributor Easyskin di Indonesia. Hasilnya, permukaan cat terlihat lebih halus daripada bahan rubber yang akan menghasilkan permukaan bertekstur (gbr.2).

Cara pakainya pun terbilang mudah. “Yang penting, mesti sabar pas aplikasi pertama. Tunggu sekitar 3 sampai 5 menit sebelum semprotan kedua,” wanti Tommy. Agak repotnya, ketika aplikasi Easyskin. Setidaknya butuh 5 layer semprotan agar warna yang dihasilkan lebih sempurna.

Jangan khawatir juga ketika pada semprotan pertama terlihat terlalu tipis, atau malah belang. Tetap saja tunggu 3 sampai 5 menit. Nantinya, akan tertutup pada semprotan kedua dan seterusnya.

Penasaran dengan hasilnya, langsung saja OTOMOTIF mencoba di pelek berukuran 15 inci di bengkel kantor. Sebelumnya, tentu permukaan pelek atau part yang ingin dicat harus bersih. Ketika dicoba, semprotan pertama memang terlihat terlalu tipis (gbr.3). Tapi, setelah semprotan ketiga dan keempat. Permukaan pelek mulai tertutup sempurna (gbr.4).

“Untuk 4 buah pelek diameter 17 inci ke bawah. Setidaknya butuh 3 kaleng cat,” ungkap Theodorus Nugroho dari Luxe Easyskin Indonesia di Ruko Paramount di Jl. Kelapa Puan Raya AF1 No.26, Tangsel. Dengan kapasitas 400 ml per kaleng. Total butuh 1,2 liter cat untuk menghasilkan warna baru penghilang bosan.

Kalau ingin menyemprot 1 bodi, setidaknya butuh 3 galon. Hanya saja, butuh alat semprot khusus dan bengkel bebas debu kalau ingin mengerjakan full 1 bodi. Harga per kaleng Easyskin dilepas mulai dari Rp 180 ribu sampai Rp 200 ribu, sedangkan untuk per galon dijual Rp 1,5 juta, belum termasuk ongkos pengerjaan, tergantung dari bengkel yang mengerjakan.

“Untuk kering sempurna, kira-kira butuh waktu 3 hari,” ulas Theo lagi. Sedangkan perawatan setelah stiker kering, juga tidak terlalu repot karena tak butuh perlakuan khusus. Easyskin aman dari semprotan air cuci steam. Yang penting, usahakan jangan tergores benda tajam agar tidak terkelupas.(mobil.otomotifnet.com)


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa