Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yuk, Melapisi Bodi Mobil. Nih, Jenis dan Pilihannya

Selasa, 3 Juni 2014 | 08:03 WIB
No caption
No credit
No caption


No caption
No credit
No caption

Jakarta - Agar tampilan kendaraan terlihat dinamis dan segar memang perlu ada tambahan ornament. Namun, sebenarnya sejak beberapa tahun silam, masyarakat pencinta otomotif sudah mengenal beragam pelapis luar bodi.

Nah, bagi yang baru akan mengenalinya, sebaiknya pelajari terlebih dahulu pilihan pelapis bodi tersebut. Beberapa model memiliki harga yang berbeda dan bisa disesuaikan dengan isi kantong Anda.

Kelas Prestise

Ada beberapa kelas yang bisa Anda pilih sebagai pelapis luar bodi. Salah satunya adalah dengan metoda body wrap dari Oracal 970. “Kelebihannya adalah kualitas papan atas atau prestise dengan perekat yang baik serta tahan lama. Bahkan bisa mencapai tiga tahun,” jelas Stevan dari De’Eight Sticker di Gading Serpong, Tangerang, Banten.

No caption
No credit
No caption

Cutting sticker body model striping pembuatannya dengan alat dengan biaya jauh lebih terjangkau
 

Lanjut pria ramah ini, kelebihan lainnya adalah pelapis luar bodi itu tidak merusak cat. “Bahan lebih tebal dan lem tidak akan tertinggal di bodi. Lapisannya sangat lentur dan elastis, serta banyak pilihan warna, termasuk warna solid dan metalik,” jelas Stevan lagi.

Sebagai ilustrasi harga, Stevan memberikan contoh. Sebut saja untuk kendaraan jenis sedan dikenakan estimasi biaya Rp 7 juta dan kalau hacthback dibanderol Rp 6 juta. Lalu katanya lagi, untuk jenis minibus kena Rp 10 juta dan mobil-mobil yang berukuran besar seperti Toyota Alphard bisa kena Rp 13 juta.

Sementara itu Ricky dari Auto Prima Kreasi, yang juga menerima jasa pemasangan pelapis bodi di kawasan BSD Otopart, ikut urun rembuk. Katanya, kalau lebih murah bisa pilih Oracal 651 dengan kualitas standar. “Namun, mutu lem cukup bagus,” jelasnya.

No caption
No credit
No caption

 
Pekerjaan yang cukup sulit biasanya pada ujung spion dan bemper

Dirinya juga memberikan contoh harga. Semisal untuk kendaraan jenis sedan bisa hanya Rp 3 juta. Sedangkan untuk kendaraan jenis hatchback bisa Rp 2,8 juta. “Ada baiknya setelah satu setengah tahun diganti karena kondisi lapisan mulai menipis,” jelasnya seraya menyebut pilihan warna glossy dan doff.

Lalu Stevan juga memberikan pilihan lain, yaitu produk 3M. “Kelebihannya juga secara kualitas high class,” jelasnya. Lantaran label yang cukup ternama di Tanah Air, harganya juga cukup tinggi.

Semisal untuk sedan saja dikenakan biaya Rp 10 juta dan hatchback kena Rp 8 juta. Sementara itu seluruh bodi Toyota Alphard kena Rp 17 juta.


Tersedia berbagai macam warna

Nah, selain body wrap, juga ada yang hanya menggunakan cutting sticker. “Perbedaannya, kalau body wrap pengerjaan secara manual dengan cara melapisi seluruh permukaan bodi atau tiap bidang saja dengan pengerjaan secara manual dan enggak pakai mesin,” jelasnya.

Sementara itu, masih menurut Stevan, kalau cutting sticker, pengerjaannya cenderung menggunakan mesin cutting biasa untuk stripping, corak, efek-efek api, tekstur, dan lainnya.

Pastinya lagi, secara biaya juga jauh berbeda dengan body wrap. Nah, estimasi biaya untuk cutting sticker sendiri ada di rentang harga Rp 50 ribu hingga Rp 1,5 juta.

Silakan dipilih! (mobil.otomotifnet.com)


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa