Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Indikator Bensin Mobil Suka Ngaco, Ini Penyebabnya

Rabu, 30 April 2014 | 13:30 WIB
Deteksi penyebab petunjuk bensin ngaco
Dok.OTOMOTIF
Deteksi penyebab petunjuk bensin ngaco


 
Otomotifnet.com - James Raymond sempat uring-uringan. Jarum indikator penunjuk bahan bakar pada Toyota Kijang Innova tahun 2006 miliknya, masih menunjukkan huruf F yang berarti penuh.
 
Tapi, baru beberapa meter mengemudi keluar rumahnya, tiba-tiba lampu indikator bensin menyala. Karena panik, mobil pun dibawa ke SPBU terdekat. Dan memang benar, bahan bakar sudah tiris.

Rudi, pemilik Nissan Evalia dari Tangerang justru mengalami masalah sebaliknya. Saat akan berangkat ke kantor, tiba-tiba indikator bensin menujukkan huruf E. Padahal, dia ingat betul sudah mengisi bensin penuh.

 
Tapi, daripada ragu-ragu, mobil pun di bawa ke SPBU. Dan saat diisi, ternyata tangki masih penuh.

“Intinya, ada masalah pada indikator bahan bakar. Hal ini tak hanya berlaku pada indikator jenis analog, bahkan jenis digital pun kadang ditemui masalah,” ujar Ode Mimi Putra, pemilik bengkel Ode Car Garage yang buka gerai di Serpong, Tangerang.

Nah, apa saja penyebab indikator ngawur?


1. Paling sering dijumpai adalah pelampung di dalam tangki. Pada pelampung, terdapat kumparan. Nah, karena usia mobil sudah 5 tahun, kumparan ini mulai lemah. Hasilnya, tentu tidak bisa mengirimkan sinyal yang akurat ke kumparan pada jarum indikator di dasbor.

Penyebab lainnya karena karatan. Sehingga, tuasnya tidak bisa mengikuti ketinggian posisi cairan bensin. Disebabkan kualitas bahan bakar atau karena keseringan tangki dari keadaan minim bahan bakar. Karena minim, saat panas terjadi proses penguapan yang menimbulkan air di dalam tangki. Dalam keadaan tangki kosong, maka air yang menempel di tangkai pelampung ini membuat karat. Sehingga pelampung tidak bergerak.

2. Kumparan pada jarum penunjuk yang sudah lemah atau bahkan putus. Semakin lemah, maka akurasinya berkurang. Meski mendapatkan sinyal dari pelampung di tangki, tapi karena kumparan sudah lemah, maka tak mampu menggerakkan jarum sesuai instruksi kumparan yang ada pada pelampung.

 
3. Terlalu sering parkir dalam kondisi menanjak atau menurun. Padahal, desain carport tak semuanya landai. Beberapa perumahan mendesain lantai carport dengan posisi menanjak. Bila pelampung masih normal, tak masalah. “Tapi bila pelampung lemah, posisi parkir ini bisa menyebabkan indikator kacau karena pelampung tak bisa kembali meskipun mobil sudah tidak miring lagi,” tambah Ode. 

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa