Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Menggunakan Clay Untuk Membersihkan Bodi, Layaknya pakai Sabun Batang

Sabtu, 17 Mei 2014 | 17:00 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Menjaga penampilan mobil tetap kinclong sebenarnya mudah saja. Selain rajin mencuci, juga harus melalui tahap perawatan. Nah, tahap perawatan ini yang sering dilewatkan. Biasanya, cukup dengan mencuci bodi pakai shampoo mobil. Padahal, tidak cukup berhenti sampai di situ saja.

Poles eksterior merupakan salah satu pekerjaan lanjutan dari proses perawatan setelah mencuci. Namun banyak yang enggan mengerjakan sendiri karena cukup menyita waktu dan juga tenaga.

Jika ingin tampilan tetap kinclong tapi enggan melakukan proses poles bisa dengan menggunakan clay khusus. Salah satu mereknya yakni Meguiar’s.

"Biasanya mobil yang hanya dicuci ketika disentuh, bodinya agak seret. Dengan clay, selain akan lebih licin juga jadi kinclong. Terpenting, aman bagi lapisan wax dan pengilap bodi," sebut Oktavianus, E-Pro Div Meguiar’s Radio Dalam, Jaksel.

Proses penggunaan clay ini terbilang sangat mudah. Tahap awal sebelum aplikasi, mobil tetap harus dicuci terlebih dahulu.

Seperti apa penggunaan dan pantangannya? Lanjutkan membacanya.

No caption
No credit
No caption


1. Jika belum memiliki, sebaiknya langsung beli clay kit saja. Dengan harga Rp 550.550,- sudah mendapatkan clay bar 2 biji, quik detailer serta lap microfiber. Alat-alat ini yang akan sangat berguna untuk membersihkan. Namun jika hanya ingin membeli clay saja, tetap tersedia dengan harga Rp 163.350,-

No caption
No credit
No caption


2. Sesaat sebelum bekerja, clay bar harus dikeluarkan dari plastiknya. Kemudian semprot pakai quik detailer tersebut. Setelah cukup, tekan-tekan clay bar sampai pipih. Ini untuk mempermudah pekerjaan. Hati-hati saat proses ini, sebab clay tidak boleh jatuh.

"Kalau jatuh, harus langsung dibuang. Khawatir ada pasir atau benda keras dan tajam lainnya yang menempel. Saat dipakai, justru bisa menggores cat. Supaya aman, potong-potong clay bar menjadi bagian kecil," tambah Okta, panggilanya.

3. Basahi bagian yang akan dibersihkan menggunakan quik detailer. Jangan langsung dengan bagian besar. Bagilah menjadi beberapa bagian supaya proses lebih mudah dan merata. Jika terlalu besar bagiannya, maka bisa membuat cairan quik detailer tersebut mengering.



4. Gunakan clay yang sudah pipih pada bidang yang sudah dibasahi. Usapkan secara merata dan lebih baik secara vertical. Untuk mudahnya, usapkan clay di bidang basah seperti kita mandi menggunakan sabun batang. Gunakan secara merata. Nantinya clay akan berubah warna, bisa menjadi hitam, abu-abu bahkan coklat.

5. Setelah semua proses dikerjakan, keringkan menggunakan lap microfiber. Jangan menggunakan lap lain. Sebab dengan microfiber, kotoran-kotoran akan terangkat, demikian juga dengan air tersisa. Coba rasakan perbedaannya setelah bodi diberi ‘sabun' clay. (mobil.otomotifnet.com)


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa