Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sabuk Pengaman Anak, Enggak Melilit Di Leher Dan Nyaman Dipakai

Iday - Senin, 24 Maret 2014 | 10:30 WIB
Sabuk Pengaman Buat Anak Agar Lebih Aman dan Nyaman
Ipunk
Sabuk Pengaman Buat Anak Agar Lebih Aman dan Nyaman

 
Otomotifnet.com - Safety belt terbukti ampuh melindungi penumpang dari celaka serius saat terjadi tabrakan. Berfungsi untuk menahan badan agar tidak terlempar ke depan dan berpotensi menghantam dasbor. Tapi, bagi anak kecil, safety belt justru bisa menyebabkan luka makin serius.
 
Biasanya, anak kecil usia 7 hingga 12 tahun atau yang memiliki postur antara 100 sampai 120 cm. Saat menggunakan sabuk pengaman, terkadang sabuk tak berada di posisi yang tepat untuk melindungi.
 
Tali yang mestinya menahan dada, justru melintang di leher. Itu karena ketinggian sabuk pengaman diukur berdasarkan postur tubuh orang dewasa dengan postur minimal 160 cm.
 
Apalagi, "Kebanyakan mobil yang dipasarkan tak dilengkapi adjustable atau pengatur ketinggian sabuk pengamanan pada bangku baris kedua dan ketiga. Kondisi ini, membuat anak tidak nyaman selama perjalanan. Karena leher terasa tercekik," ujar Theresia Surjati, pemilik Nissan Grand Livina yang tingga di Tangerang.

Lebih bahaya lagi, saat pengereman mendadak, sabuk pengaman justru membelit leher sang anak. Buntutnya, anak menjadi ogah memakai safety belt. Bahaya kan.

Biar tetap nyaman menggunakan safety belt, ikuti tips berikut.

1). Sebuah produk dari Taiwan, sebut saja safety belt extension. Bentuknya mirip dengan safety belt standar. Penggunaannya, disambungkan dengan sabuk pengaman yang ada di mobil. Belt ini akan menarik tali sabuk pengaman yang melintang di leher. Sehingga, posisinya lebih turun dan melintang di dada. Anak tidak akan tercekik dan nyaman.

2). Pada bagian atas, terdapat penjepit yang akan menjepit tali pengaman yang melintang di leher. Di bawahnya, ada setelan pengaturan panjang tali pengaman. Sedangkan pada bagian paling bawah, dilengkapi pengunci sabuk tali pengaman yang melintang di paha.

3). Aplikasinya, sesuaikan panjang tali sesusai postur tubuh anak. Caranya, dengan mengendorkan simpul tali pada bagian atas. Kemudian, jepitkan bagian atas pada sabuk pengaman yang melintang di leher.

 
4). Buka pengunci di bagian bawah. Lepaskan plastik penjepit di bagian atasnya. Letakkan sabuk pengaman yang melintang di paha anak ke dalam safety belt extension. Lalu, pasang kembali penjepitnya dan tekan sampai belt extension menyatu dengan tali sabuk pengaman.

5).
Kini safety belt, tak lagi melintang di leher sang anak.Produk ini bisa didapatkan di toko-toko variasi mobil dengan harga Rp 40 ribuan. (mobil.otomotifnet.com) 

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa