Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jok Mobil Murah Agya-Ayla Berubah, Ini Alasan Toyota

Senin, 24 Maret 2014 | 17:14 WIB
No caption
No credit
No caption


No caption
No credit
No caption

Ternyata, PT Toyota Astra Motor (TAM) sudah melakukan ubahan pada LCGC andalannya. Astra Toyota Agya 2014, mengalami improvement pada jok penumpang belakang.

Hal ini diketahui setelah seorang pembaca setia mengirimkan surat elektronik pada redaksi. Baru menerima Agya di bulan Desember 2013, eh ternyata di bulan berikutnya jok belakang berbeda dengan Agya terbitan 2014.

Ternyata, ubahan ini tak hanya dilakukan oleh Toyota. Tapi juga pihak Daihatsu pada Astra Daihatsu Ayla yang melakukan ubahan sama persis.

Rouli Sijabat, Manajer PR TAM tak menampik kabar tersebut. “Setiap tahun memang kami selalu melakukan ubahan yang bersifat minor. Ubahan ini didasarkan pada survey kepada para pengguna Toyota, kira-kira apa saja yang perlu ditingkatkan. Dan dari hasil survey, kami mendapat banyak masukan soal desain jok belakang agar penumpang lebih nyaman. Tapi, bukan berarti yang tipe dulu tidak nyaman loh,” tegas Rouli.

No caption
No credit
No caption


Ubahan meliputi bentuk, sudut dan ketebalan jok. Dibanding versi tahu lalu, busa jok belakang dibikin lebih tebal. Versi 2013 menggunakan jok setebal 13,70 cm. Pada versi 2014 bertambah 7 cm, menjadi 20,70 cm (gbr.1).

Tak hanya pada jok bawah, busa sandaran jok pun dipertebal. Pada sandaran versi 2013 lalu tebalnya 9,98 cm. Pada Agya dengan VIN 2014, sandaran bertambah 2,37 cm menjadi 12,35 cm (gbr.2).

Posisi sudut jok juga diubah. Saat pintu dibuka, bila dilihat dari samping, posisi jok lebih menanjak dibanding versi tahun lalu (gbr.3).



Hal ini berkat jahitan pada bagian tengah. Desainnya melintang, seolah membelah jok menjadi dua bagian (gbr.4). Pola jahitan ini tidak ditemui pada Agya-Ayla rakitan 2013. Pada versi tahun lalu, baik jok maupun sandarannya terlihat polos (gbr.5). 

Nah, dengan tambahan jahitan ini, berfungsi memberikan lekukan pada bentuk kursi. Sehingga lebih ergonomis dan nyaman.  Jahitan ini juga ditemui pada sandaran jok.

Lalu bagaimana jika pemilik Agya-Ayla tahun lalu pengin ganti jok. “Bisa datangi bengkel resmi Toyota terdekat. Karena dudukannya sama, jadi tinggal pasang,” tambah Rouli. Harga untuk sandaran jok sekitar 1,2 jutaan. (mobil.otomotifnet.com)


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa