Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mari Bersihkan Throttle Body dari Abu Kelud

Rabu, 19 Februari 2014 | 14:02 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption


Jakarta - Meski Gunung Kelud di Kediri, Jawa Timur, untuk sementara ini tidak 'batuk' lagi. Tapi, untuk mobil-mobil yang sempat terkena abu vulkaniknya, perlu diperiksa. Terutama, kendaraan yang mesinnya sudah berteknologi injeksi. 

Khususnya, Suzuki Baleno bermesin M15A, mungkin ada yang mengalami putaran mesinnya suka naik-turun. Biasanya, asal muasal penyakit dari kondisi throttle body sudah kotor. Terutama yang sempat tersiram abu vulkanik. Akibatnya, tarikan mesin terasa lebih lambat menyebabkan konsumsi juga lebih boros. 

Nah, Baleno Club Indonesia (BCI) ternyata punya cara jitu untuk mengembalikan performa Baleno kesayangan. "Kelihatannya susah, ternyata gampang kok bukanya,” terang Giad Widiyanto, ketua BCI. Cukup siapkan kunci pas 12 mm, tang, sikat kawat dan cairan carburetor cleaner.

Ikuti langkah-langkah pengerjaannya.

No caption
No credit
No caption

1. Mesti melepas soket sensor dengan menekan tuas penjepitnya.

2. Lalu, lanjutkan lepas kabel gas dari kaitannya dengan tangan. Jangan lupa, lepas juga slang hawa yang menempel di samping.

3. Nah ini dia yang mengunci TB. Cukup melepas 4 buah baut yang mengikat throttle body dengan intake menggunakan kunci pas atau sok 12 mm.

4.Jangan terlewat melepas slang air pada TB. Membukanya cukup pakai tang untuk melepas klem penguncinya. Lalu sisihkan ke samping.


5.Selanjutnya tinggal semprot TB menggunakan carburetor cleaner, pastikan seluruh bagian TB bersih dari kerak ataupun kotoran yang mengumpul. Nah, mumpung masih terbuka, sekalian juga semprot jalur intake dengan cairan yang sama. Yakinkan tidak terlihat lagi kerak yang menempel. Kalau terdapat kerak yang membandel, bersihkan saja dengan sikat kawat sambil disemprot.

Selesai proses bersih-bersih. Berikut, tinggal rakit kembali TB berikut slang air dan kabel gas yang tadi dilepas deh. Mudah kan…(Mobil.Otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa