Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Risih Sama Bunyi Alarm Avanza dan Innova, Ini Cara Menonaktifkannya

Editor - Kamis, 2 Januari 2014 | 15:02 WIB
Risih Sama Bunyi Alarm Avanza dan Innova, Ini Cara Menonaktifkannya
Risih Sama Bunyi Alarm Avanza dan Innova, Ini Cara Menonaktifkannya

Foto ilustrasi Toyota Kijang Innova
Dio/gridoto
Foto ilustrasi Toyota Kijang Innova

Jakarta - Ketika mengaktifkan dan menonaktifkan alarm, entah itu Toyota Avanza atau Kijang Innova (standar bawaan pabrik), terdengar bunyi bip-bip dari klakson, dibarengi kedipan lampu sein dan central door lock (mengunci atau membuka), Jlek.
 
Suara cukup keras dari alarm ini tentu bikin risih, apalagi pulangnya dini hari, sehingga takut ketahuan.
 
Sebetulnya, suara itu bisa saja dihilangkan dengan menekan tombol bergambar speaker yang dicoret (silent mode) pada remote alarm. Tapi, tidak semua dilengkapi dengan silent mode.
 
Kijang Innova, contohnya. Hanya pada tipe G dan V yang ada, sedang tipe E dan J hanya ada tombol buka dan mengunci.
 
"Ada trik yang bisa dilakukan untuk mengaktifkannya. Pabrikan biasanya menyertakan guidance di manual book," ujar Asep Rustana, Kepala Cabang Astrido, Depok.
 
Nah, bagi yang belum sempat membaca manual book, ini langkah-langkahnya
 
Foto ilustrasi Toyota Kijang Innova
Dio/gridoto
Foto ilustrasi Toyota Kijang Innova
1. Tutup semua pintu termasuk kap mesin. Pastikan kondisi mobil tidak terkunci (disarm). Lalu, pencet tombol kunci-buka-kunci-kunci secara simultan. Artinya jangan ada jeda. Ya, sekitar 3 detik. Maka, otomotis mode silent sudah aktif.
 
Dengan aktifnya mode silent ini, setiap kali memencet tombol buka dan tutup, maka tidak terdengar lagi suara bip. Terkecuali, bunyi central doorlock dan lampu hazard yang menyala sekali.
 
2. Jika bosan dengan mode Silent, mode bunyi bisa kembali diaktifkan. Caranya sama. Pastikan semua pintu dan kap mesin tertutup. Mobil kondisi tidak terkunci dan pencet tombol kunci-buka-kunci-kunci. 
 
Bila sukses, akan ditandai dengan bunyi bip. Dengan begitu, saat membuka atau mengunci pintu melalui kontak, akan terdengar bunyi dari klakson. Tapi, mesti diingat, metode ini hanya bisa diterapkan buat Kijang Innova terbitan tahun 2010 hingga yang terbaru.
 
Cara tersebut juga tidak bisa digunakan buat All New Toyota Avanza. Hal ini karena Toyota Astra Motor (TAM) sebagai Agen Pemegang Merek (APM) Toyota mempunyai banyak vendor dalam membuat alarm.
 
 
3.Untuk All New Toyota Avanza, ini caranya.  Dalam kondisi Disarm mode (alarm tidak aktif atau central doorlock terbuka), tekan gambar speaker, lanjutkan dengan menekan tombol gembok tertutup. Akan terdengar nada sirine atau klason sekali, sebagai sebagai tanda Silent mode alarm sudah aktif.
 
 
4. Untuk menonaktifkan Silent mode , dengan cara sebaliknya. Pastikan sistem keamanan tidak aktif atau Disarm mode. Lalu, tekan tombol gambar speaker kemudian tekan tombol gembok terbuka. Akan terdengar bunyi sirine dua kali. Tandanya Silent mode sudah tidak aktif. (mobil.otomotifnet.com)
 

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa