Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Menerjang Banjir, Ketahui Dua Hal Ini pada Mobil

Rabu, 4 Desember 2013 | 17:30 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Hujan lebat! Momok bagi pengendara mobil. Bukan cuma kemacetan parah bakal dihadapi. Lebih menakutkan lagi, terjebak genangan air, apalagi cukup tinggi. Bila nekad menerabas, bukan tidak mungkin akan mengalami water hammer dan harus turun mesin.

Agar tetap aman berkendara di kala hujan, tak ada salahnya, ikuti beberapa petunjuk di bawah ini.


Perhatikan lubang intake
Tiba-tiba di depan ada genangan air, pastikan dua hal.Pertama, pantau ke dalamannya melalui kendaraan di depan (lebih pas kendaraannya sejenis). Kedua, batas aman mobil menerjang genangan air.

"Biasanya, orang awam melihat batas aman ketinggian air dari letak busi. Jika tidak mencapai busi, mobil dianggap aman menerabas genangan. Padahal, selain busi ada lubang intake," jelas Abdurrahman, mekanik bengkel Sempur Motor di Tangerang.

Iwan Abdurrahman, Technical Section Head PT Toyota Astra Motor menambahkan lubang intake yang berfungsi sebagai saluran masuk udara ke ruang bakar akan menjadi saluran masuk air. 

Setiap merek mobil, letak mulut lubang intake tidak sama. Ada yang di atas gril, ada pula di bawah bemper depan. Untuk mengetahuinya, harus membuka kap mesin yang bentuknya seperti corong.

Kemudian, ketahui juga letak alat pengukur kapasitas oli mesin (dipstick). Meski sudah dilindungi karet, bukan tidak mungkin air bisa merembes masuk, lalu bercampur dengan oli. Jadi, hindari menerjang air melebihi dipstick. (Mobil.Otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa