Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Begini Kalau Mau Menyetel Keranggangan Busi Mobil

Jumat, 29 November 2013 | 10:05 WIB
No caption
No credit
No caption

 
No caption
No credit
No caption
Jakarta - Umumnya mobil-mobil baru sekarang, mesinnya sudah model HLA (Hydraulic Lash Adjuster). Berarti, saat tune-up tak perlu setel kl ep, paling cek filter-filter dan busi. Untuk yang terakhir, bisa dilakukan sendiri demi menghemat pengeluaran.

Peralatan yang dibutuhkan hanya kunci busi dan filler. Inilah petunjuk membuka dan pemeriksaannya.


1. Untuk penggantian busi yang belum terlalu lama, biasanya kondisi busi masih baik. Hanya gap atau celah antara katoda dan anoda kerap berubah lantaran katoda alias inti busi yang sudah termakan api saat terjadi percikan.

2. Lazimnya ukuran celah antara 0,7-0,8 bila menggunakan filler. Seandainya kondisi busi tidak kotor, cukup ukur ulang celah pada keempat busi. 

3. Jika ukuran gap di atas 0,8, setel ulang dengan cara mengetuk anoda ke permukaan yang keras, tapi perlahan. Bisa juga menggunakan gagang filler

4. Ketika mengukur celah, lakukan berulang kali sampai dapat ukuran ideal. Cara yang sama diperlakukan pada busi lainnya. Bila sudah, pasang keempat busi ke kepala silinder. Jika ada yang terjatuh, periksa kembali celahnya. (mobil.otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa