Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mari Deteksi Odometer Mobil Yang "Nakal", Enggak Sulit!

Rabu, 13 November 2013 | 14:06 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Salah satu unsur menjadi nilai jual mobil bekas tinggi adalah jarak tempuh. Meski usia mobil tua, tapi jarak tempuh masih rendah, harga pun bisa mahal karena dinilai kondisi mobil dalam keadaan sehat. Baik itu mesin, kaki-kaki, dan interior.

Karenanya, ketika odometer mobil masih analog, cukup mudah memundurkan angka. Sekarang, dengan sistem digital lebih aman dari praktik nakal. Namun, menurut sumber otomotif yang enggan disebut namanya mengatakan, justru lebih gampang. Prosesnya, tidak lebih dari 15 menit.

"Dengan bantuan alat yang dihubungkan dengan odometer, kita bisa minta dimundurkan sampai berapa. Jasanya, Rp15 sampai Rp200 ribu," jelas sumber tadi.

Nah, agar tidak tertipu, Lahmudin, SE, pemilik gerak mobkas Lutfi Motor berbagi tips mendeteksi odometer mobil dimundurkan atau tidak dengan melihat bagian tertentu seperti di bawah ini . Di sini, Toyota Avanza 2011 dengan jarak tempuh baru 20.000 km jadi contoh.
No caption
No credit
No caption

1. Minta buku servis karena mempunyai catatan lengkap riwayat mobil. Karena, setiap kali servis pasti tercantum tanggal dan kilometer. Untuk APM besar, rata-rata sudah menerapkan sistem online. Penasaran, bisa telepon langsung ke bengkelnya.

No caption
No credit
No caption

2. Perhatikan tahun pembuatan ban. Letaknya di "sidewall" atau dinding ban, terdapat 5 atau 7 digit dan empat angka terakhir menunjukkan tahun produksi. Semisal tertera 2512, maka dua angka pertama karet hitam itu diproduksi minggu ke-25 (April),tahun 2012.

Trus, dengan jarak tempuh di atas 20.000 km, semestinya ban sudah diganti. Jika belum, berarti angka pada odometer dimundurkan.

No caption
No credit
No caption

3. Buka pintu dan periksa karet-karetnya. Apakah masih elastis? "Mobil sering dipakai, intensitas membuka tutup juga tinggi. Kian sering buka-tutup akan terlihat bekas jepitan pintu lebih dalam," tambah Lahmudin.

No caption
No credit
No caption

4. Masuk ke interior. Perhatikan setir, pegang dan rasakan. Kualitas busa di dalam setir masih bagus dan permukaan setir masih keset, menandakan jarak tempuh rendah. Sebaliknya, sering dipakai, permukaan setir makin halus. Trus, warna pun akan mengilap dan terlihat berbeda dengan bagian tengah setir.


5. Duduk di jok, terutama di sopir. Mobil dengan jarak tempuh rendah, busa jok masih tebal. Kemudian, lakukan tes jalan untuk mengetahui sistem suspensi dan steering. Bila benar mobil baru menempuh 20.000 km, biasanya masih nyaman. (mobil.otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa