Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Diesel Purging, Bikin Mesin Diesel Bersih Dan Halus

Billy - Jumat, 6 September 2013 | 14:10 WIB
Diesel Purging, Bikin Mesin Bersih & Halus
Hardi
Diesel Purging, Bikin Mesin Bersih & Halus

Otomotifnet.com - Mesin diesel terkenal lebih mudah dirawat dibandingkan mesin bensin. Baik diesel lawas ataupun yang modern seperti teknologi common rail. Namun jangan karena dianggap lebih mudah, membuat para pemilik jenis mesin yang ditemukan oleh Rudolf Diesel ini jadi ketinggalan merawatnya.


Salah satu hal yang paling mudah merawat kendaraan yang mulai menjadi favorit di masyarakat adalah dengan melakukan diesel purging secara rutin setiap 20.000 km. Keuntungan melakukan diesel purging adalah untuk membersihkan saluran bahan bakar, dan dapat membuat suara mesin menjadi lebih halus.

Banyak bengkel sudah menyediakan cairan diesel purge tapi jika ingin melakukannya sendiri juga tidak sulit. Rio Tanumihardja, punggawa Padimas Motor di bilangan Mega Glodok Kemayoran mau berbagi ilmu kepada pembaca setia OTOMOTIF.

Diesel Purging, Bikin Mesin Bersih & Halus
Hardi
Diesel Purging, Bikin Mesin Bersih & Halus

“Alatnya sederhana kok, hanya butuh tang jepit serta 1 kaleng diesel purge. Soal mereknya, kalau saya pakai Liqui Moly,” terang pemuda berkacamata minus ini.

Di pasaran ada merek Master, Wynn’s dan lainlain. Pertama-tama, cari lokasi fuel filter, lalu lepaskan slang pemasukan solar dengan cara menjepit klem.

Kemudian tarik klem ke bagian tengah slang, baru kemudian slang dapat dilepas dari fuel filter. Kemudian, lepas slang return solar yang letaknya di bawah tabung filter. Sebagai tanda, cari slang yang mengarah ke tangki bahan bakar. Lepaskan bagian yang menempel pada pipa, yang mengarah ke tangki bahan bakar.

Diesel Purging, Bikin Mesin Bersih & Halus
Hardi
Diesel Purging, Bikin Mesin Bersih & Halus

“Jika sudah, tinggal masukan kedua slang tadi ke botol Liqui Moly Diesel Purge dan letakan botol di dekat filter bahan bakar,” bilang pengguna Toyota Fortuner D4D. Selanjutnya hidupkan mesin, tunggu hingga 3 menit, kemudian boleh sekali-kali ditekan pedal gasnya atau ditahan di kisaran 2.000 rpm.

Habiskan satu kaleng penuh diesel purge, kemudian matikan kunci kontak dan pasang kembali slang ke posisi masing-masing. Jangan lupa diklem lagi. Lalu lakukan proses bleeding atau buang angin di filter bahan bakar. Coba starter, jika mudah hidup, berarti angin sudah tidak ada di rumah filter bahan bakar. 

Editor : Billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa