Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ganti Support Sokbreker Sirion, Hilangkan Bunyi Gluduk

billy - Selasa, 16 Juli 2013 | 15:04 WIB
No caption
No credit
No caption


Sebagian pengendara Daihatsu Sirion, mengalami kurangnya kenyamanan berkendara dikarenakan bunyi gludak-gluduk yang bersumber dari suspensi depan.

Sumbernya tentu banyak, tak hanya dari tie rod ataupun bearing. Ternyata mesti dicek juga kondisi karet support sokbreker.


“Karet support sokbreker depannya renggang, jadi saat ketemu jalan bumpy atau keriting, pasti bunyi deh tuh,” ujar I Wayan Yardhana, selaku penasehat dari Sirion Indonesia Club sekaligus pemilik Sirion keluaran 2012.

Mengganti support sokbreker dengan milik Suzuki Carry menjadi solusi jitu untuk meningkatkan kenyamanan dalam berkendara.

 
“Harganya enggak mahal kok, loncengnya Rp 35 ribu dan karetnya Rp 45 ribu, total sama pasang Rp 300 ribuan,” jelas Wayan.
 
Selain lebih rapat, harganya pun lebih murah daripada support asli Sirion yang berkisar di angka Rp 500 ribu per buah.

Untuk memasangnya memang tidak bisa dilakukan sendiri, harus ke bengkel spesialis kaki-kaki. Selain harus melepas sokbreker berikut per.
 
Karena ada bagian karet yang harus dimodifikasi agar pas dengan dudukan sokbreker Sirion.
 
“Kita biasanya ke bengkel Per Murah, alamatnya Jl. Emas Perumnas 2, Karawaci, Tangerang,” terang Wayan lagi.  (mobil.otomotifnet.com)

1. Support sokbreker asli Daihatsu Sirion memiliki jarak renggang. Jadi pada saat sokbreker berfungsi pada tekstur jalan bumpy atau keriting, permukaan support akan beradu yang mengakibatkan bunyi.

2. Perbedaan diameter support original (kiri) dan milik Suzuki Carry (kanan) cukup terlihat. Bagian sisi dan bawah support sokbreker milik Carry harus dilakukan pengikisan, agar pas dengan dudukan Sirion.

3. Terlihat jelas, tidak ada lagi jarak renggang pada support sokbreker Sirion lansiran 2012 ini setelah melakukan pergantian menggunakan karet support milik Suzuki Carry. Pastinya dijamin lebih nyaman dong!

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa