Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ketahui Tingkat Visibilitas Kaca Film, Agar Tak Lagi Dilubangi

Jumat, 12 Juli 2013 | 09:07 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta – Seringkali agar aman para pengguna mobil mengaplikasi kaca film dengan kadar kegelapan yang cukup pekat. Sayangnya, hal tersebut justru mengundang bahaya karena dapat menurunkan tingkat visibilitas. Tak jarang, ada juga yang melubangi kaca film di bagian depan agar dapat melihat spion dengan baik.

Padahal, kejadian tersebut dapat dihindari jika konsumen mengetahui kadar kepekatan dan Visible Light Transmission (VLT) yang merupakan satuan persen dari jumlah cahaya dari luar yang masuk ke kabin. Serta Visible Light Refllectance (VLR) atau efek cermin dari kaca film mereka.

“Kebanyakan konsumen hanya mementingkan kegelapannya, tanpa memperhatikan Visible Light yang merupakan indikator cahaya yang masuk ke dalam kabin. Caranya bisa lihat di brosur atau tes dengan Transmission Meter,” buka Christopher Sebastian, General Manager PT Makko Raya Cemerlang, distributor Masterpiece.


  Kaca film dengan Two Way Vision memiliki visibilitas lebih baik meski tingkat kepekatannya sama

Menurutnya, kaca film yang mampu menghasilkan daya pandang yang baik akan memiliki angka VLT besar, namun VLR-nya kecil. Tentu saja kaca film juga tetap mampu meredam panas berlebihan dari sinar UV dan infra merah.

“Sebagai contoh, spesifikasi sebuah kaca film dengan VLT 34 persen dan VLR 20 persen akan memiliki pantulan dan visibilitas yang lebih baik dari angka VLT 47 persen dan VLR 8 persen meski tingkat kegelapan sama-sama 40 persen,” urai Christoper.

Selain itu, ketahui juga teknologi rejection pada kaca film agar tak terkecoh saat membeli. “Teknologi kaca film sudah berkembang pesat. Diantaranya sistem Two Way Vision pada semua produk Masterpiece yang membuat kaca film dengan kadar kepekatan diatas 60 persen masih terlihat terang dari dalam kabin," pungkasnya.

So, tak perlu lagi melubangi kaca film untuk mengintip spion lagi ya. (mobil.otomotifnet.com)


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa