Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasang Jam Digital Daihatsu Xenia Xi, Cuma Sambung 4 Kabel

billy - Kamis, 27 Juni 2013 | 18:22 WIB
Bisa pakai punya Xenia Xi Sporty atau milik Toyota Avanza yang ada fitur tanggal/date-nya
Dok. OTOMOTIFNET
Bisa pakai punya Xenia Xi Sporty atau milik Toyota Avanza yang ada fitur tanggal/date-nya
 
 

Ada pepatah menyebutkan Waktu Adalah Uang. Makanya tak ada salahnya kita harus sering-sering melihat jam, guna mengingat akan waktu. Itu lah mengapa pada kendaraan-kendaraan keluaran sekarang, fitur jam (format digital) menjadi kelengkapan tambahan. Agar penumpangnya bisa selalu memantau waktu.


Tapi bagi yang belum dilengkapi fitur ini, tak perlu memble. Kan ada variasinya di pasaran yang bisa diaplikasi. Atau tebus milik varian yang sudah mengusung jam digital. Contohnya Daihatsu Xenia Xi Deluxe yang aslinya belum dilengkapi jam digital di bawah head unitnya. “Bisa pakai punya Xenia Xi Sporty atau milik Toyota Avanza yang ada fitur tanggal/date-nya (gbr.1),” bilang Primawan, warga Depok, Jabar yang sudah mengaplikasi.

Banderolnya gak begitu mahal kok, berkisar Rp 160 ribu – Rp 250 ribu (merek Type R). Biasanya itu sudah berikut pasang. Tapi kalau mau pasang sendiri sih boleh-boleh saja. Toh, caranya enggak susah, "Cuma perlu menyambungkan 4 buah kabel dari jam digital (merah, hijau, kuning dan hitam strip merah) ke kabel bodi yang ada di balik panel tengah," tukas Primawan.

Bisa pakai punya Xenia Xi Sporty atau milik Toyota Avanza yang ada fitur tanggal/date-nya
Dok. OTOMOTIFNET
Bisa pakai punya Xenia Xi Sporty atau milik Toyota Avanza yang ada fitur tanggal/date-nya
 
 
tanggalkan dulu konsol tengah dasbor dengan cara melepas 1 buah baut colok plastik yang ada di balik laci asbak rokok (gbr.2)
Usai konsol terlepas, cabut semua soket kabel yang terhubung ke beberapa switch yang ada di konsol (gbr.3)
langsung saja sambungkan kabel merah dari jam digital ke kabel bodi yang selalu 12 Volt, walau kunci kontak dalam posisi locked/Off), yakni pada kabel warna hitam strip merah. Untuk memastikannya, kelet sedikit bungkus kabel pakai cutter lalu gunakan tespen 12 Volt (gbr.4).
Beres deh, tinggal pasang jam digital pada dudukannya yang sudah tersedia (gbr.5)
 
 
 
Tapi sebelumnya, tanggalkan dulu konsol tengah dasbor dengan cara melepas 1 buah baut colok plastik yang ada di balik laci asbak rokok (gbr.2). Usai konsol terlepas, cabut semua soket kabel yang terhubung ke beberapa switch yang ada di konsol (gbr.3) guna memudahkan penyambungan kabel.

Jika sudah, langsung saja sambungkan kabel merah dari jam digital ke kabel bodi yang selalu 12 Volt, walau kunci kontak dalam posisi locked/Off), yakni pada kabel warna hitam strip merah. Untuk memastikannya, kelet sedikit bungkus kabel pakai cutter lalu gunakan tespen 12 Volt (gbr.4).

Sementara kabel hijau dari jam ke kabel bodi yang 12 Volt saat kunci kontak diputar ke posisi ACC. Yakni kabel warna biru strip merah yang menuju ke lighter. Terus, kabel merah/hitam dari jam disambung ke kabel massa pada kabel lighter (putih strip hitam). Sedang kabel kuning dari jam ke kabel bodi yang 12 Volt saat lampu senja dinyalakan, yaitu kabel warna merah strip biru.

Beres deh, tinggal pasang jam digital pada dudukannya yang sudah tersedia (gbr.5) usai melepas cover penutupnya. Lalu coba tes menyalakannya, mulai dari kontak diputar ke posisi ACC, hidupkan mesin hingga lampu senja diaktifkan. (mobil.otomotifnet.com) 

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa