Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Active Noise Cancellation di All New Honda Accord, Senyap Karena Bertolakbelakang

billy - Minggu, 26 Mei 2013 | 13:04 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Suara bising dari luar tentu mengganggu ketika berkendara. Terlebih jika hal tersebut terjadi pada kelas premium. Honda memiliki inovasi terbaru untuk mengurangi gangguan tersebut yang diberi nama active noise cancellation (ANC).

"Dengan teknologi ini, kabin jadi lebih senyap. Bukan berarti generasi terdahulu tidak senyap, tapi di Accord terbaru ini lebih senyap. Namun juga tidak terlalu kedap, karena justru akan berbahaya," sebut Junji Sugimoto, Large Project Leader (LPL) Assistant, Honda Motor Co., Ltd saat acara launching All New Honda Accord.

Teknologi ini bekerja secara elektrikal. Mulai ketika mesin dihidupkan. Dan tidak ada batasan kecepatan minimal untuk mengaktifkannya.

Mengenai cara kerjanya sendiri sebenarnya sederhana saja. Suara dari luar, baik ketika berjalan (gbr.1), suara ban atau kendaraan sekitar akan diterima oleh mikrofon (gbr.2) yang ada di balik plafon. Lokasi mikrofon sendiri ada dua, depan bagian tengah dan belakang yang juga ditengah.


Setelah diterima, suara-suara bising tersebut akan diolah oleh alat amplifier yang didesain khusus. Alat tersebut akan memancarkan gelombang yang bertolak belakang dengan noise yang diterimanya (gbr.3). "Sehingga keluaran dari alat tersebut sudah menjadi lebih kecil dibanding sebelumnya," jawaban dari pihak teknikal PT Honda Prospect Motor sebagai agen pemegang merek Honda di Indonesia.

Suara yang sudah ‘diredam' tersebut tidak dibiarkan dalam amplifier saja, namun dikeluarkan lagi melalui speaker standar mobil (gbr.4) yang terdapat di depan, samping dan belakang. Loh jadi berisik dong? Tidak, sebab sudah melewati amplifier tadi.

Lalu bagaimana jika audio sedang diaktifkan? Tidak jadi soal. Suara audio tetap bisa didengar dengan baik, serta volume suara akan membesar dengan sendirinya ketika seiring peningkatan suara kebisingan yang diterima kabin. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa