Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bersihkan Throttle Body Toyota Soluna

billy - Minggu, 19 Mei 2013 | 09:20 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Komunitas Toyota Soluna Community (TSC) yang mangkal di area patung Panahan, Senayan tiap 2 minggu sekali ini, selalu memberikan tips antar member. Selain anggota, pengguna Soluna lain juga bisa kerjakan sendiri melalui sharing di website, toyotasolunacommunity.com.

Salah satunya, tips tentang throttle body yang pernah terjadi pada salah satu member TSC. Gejala itu terjadi saat naik atau turunnya putaran stasioner rpm alias langsam tunggangan yang enggak stabil.
No caption
No credit
No caption

"Kalau rpm berubah-ubah, penyakitnya ada di throttle body yang mulai kotor. Bisa juga dari seal ISC (idle speed control) mulai lemah atau rusak,” buka Dewan, ketua TSC, yang sering mampir ke bengkel Towo Motor (TM) di Pondok Bambu, Jaktim.

Daripada pegal sendiri merasakan mesin yang bergetar enggak karuan, tips kali ini masih bisa dikerjakan sendiri alias do it yourself loh! Sambil menyiapkan kopi dan cemilan (makanan ringan), sediakan juga perkakasnya, bro! Yakni, obeng kembang, kunci sok 12 dan cairan pembersih alias carburetor cleaner.

Yuk, bongkar!. (mobil.otomotifnet.com)
 

1. Pertama, buka kap mesin. Terus, ambil obeng kembang buat mengendurkan tutup filter udara throttle body (TB). Dilanjutkan mencabut semua soket-soket sensor (selang udara, TPS dan ISC).

2. Berikutnya, melepas 4 baut yang mengikat TB dengan kunci sok 12 mm.

3. Tarik perlahan komponen tersebut dan semprotkan dengan cairan pembersih alias carb cleaner. Baik di kupu-kupu TB serta semua lubang-lubangnya.

4. Nah, kalau langsam enggak stabil, seal di ISC sudah mulai lemah. Pakai obeng min buat membuka semua baut di part tersebut.

5. Semprot juga bagian lubang isap dan masuk. Lakukan hingga kotoran hilang dan pasang seal yang baru jika semua sudah bersih. Jika sudah selesai semua, tinggal rakit kembali, caranya kebalikan dari membuka.

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa