Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Insiden Toyota Avanza Terbakar, Dipengaruhi Banyak Faktor

billy - Senin, 8 April 2013 | 10:27 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Insiden mobil terbakar kembali terulang (28/03). Toyota Avanza kelir hitam dengan nomor polisi B 1656 ZFC yang dikemudikan oleh Nicky Perdana Sembung hangus terbakar setelah menabrak pohon kamis (28/3) sekitar pukul 04.30. Lokasinya di jalan Sudirman, Jakpus. Melaju dari arah utara ke selatan di jalur cepat, kecelakaan yang terjadi pada dini hari tersebut merenggut jiwa pengemudinya.

Analisa yang berkembang, Avanza melaju dengan cukup kencang di jalur paling kiri. Kemudian pengemudi kehilangan kendali dan menabrak pohon. Akibat terjepit antara setir dan jok, susah untuk mengeluarkan korban, sehingga ikut terbakar beserta mobilnya.
No caption
No credit
No caption

"Ada begitu banyak faktor yang bisa menjadikan mobil terbakar," komentar Iwan Abdurahman, Section Head Technical PT Toyota-Astra Motor (TAM). Menurutnya, paling tidak ada 5 faktor yang bisa menyebabkan mobil terbakar.

Kebocoran bahan bakar, oli, korsleting listrik, modifikasi kelistrikan serta knalpot merupakan faktor yang paling banyak menyumbang mobil terbakar.

Dalam kecelakaan, faktor-faktor tersebut sangat mungkin terjadi. Impact yang terjadi dari tabrakan dengan kecepatan tinggi sangat mungkin membuat kebocoran bahan bakar, kebocoran oli dan korsleting listrik. Akibatnya parah ketika kena knalpot yang panas ataupun percikan api akibat korslet listrik.


Tak butuh waktu lama bagi api untuk membakar bagian lain yang terbuat dari bahan mudah terbakar seperti jok dan doortrim.

Walaupun mobil dalam keadaan standar, tapi saat kecelakaan sangat mungkin terjadi korsleting. Lokasi aki Avanza ada di bagian depan sisi kiri, kalau dilihat dari arah depan kendaraan. Efek tabrakan bisa membuat aki yang memiliki muatan listrik, bergoyang dan bersentuhan dengan bagian lain terbuat dari metal.

Belum lagi, jalinan kabel atau soket yang sobek ketika kecelakaan juga bisa membuat hubungan pendek terjadi. (mobil.otomotifnet.com) 


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa