Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ganti Turbo Konvensional Dengan VGT atau VNT, Enggak Sebanding dengan Effort

billy - Selasa, 15 Januari 2013 | 08:04 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Cukup banyak pertanyaan datang ke redaksi OTOMOTIF tentang penggantian turbo. Apalagi, ragam turbo jenis VGT (Variable Geometry Turbo) untuk Mitsubishi atau VNT (Variable Nozzle Turbo) pada Toyota yang menjadi andalan di Fortuner VNT dan Pajero Sport Dakar VGT. Yang menjadi pertanyaan pembaca adalah apakah bisa ganti turbo Fortuner atau Pajero Sport lawas dengan turbo yang sudah VGT/VNT?

BANYAK PART DIGANTI

"Kalau tanya bisa, pasti bisa saja. Hanya saja, mesti dihitung ulang kalkulasi biayanya, apakah sebanding dengan waktu dan tenaganya," ungkap Dedi Hendriadi, General Manager Technical Division Head PT Toyota Astra Motor (TAM).

Memang, sekilas masih pakai basic mesin sama, seperti Mitsubishi yang percaya generasi 4D56 ataupun 1KD pada Toyota untuk kedua variannya itu.

Tanya nyatanya tak semudah membayangkan ganti unit turbo. Begitu banyak parts yang harus ikut diganti. Misalkan Fortuner, tak hanya unit turbo, pastinya harus beli piping baru termasuk intercooler, wiring dan ECU, juga kap mesin yang punya lubang pendingin. "Total parts yang dibeli tak kurang dari Rp 98 juta, belum termasuk ongkos pasang," sambung Iwan Abdurahman, Technical Division Head TAM.

No caption
No credit
No caption

Pun begitu dengan Pajero Sport Dakar yang butuh barang-barang senilai Rp 60 jutaan, untuk sebuah unit turbo, ECU mesin dan transmisi plus 3 buah wiring harness untuk ECU tersebut. "Itu baru barang yang pasti kebeli, belum lagi harus trial and error karena belum tentu manajemen mesin antara mesin lama dengan turbo baru bisa langsung pas begitu saja," ulas Wawan Kurniawan, Service Manager Lautan Berlian, bengkel resmi Mitsubishi di Jl. Panjang, Kebon Jeruk, Jakbar.

Paling kentara sih, perbandingan gigi rasio yang berbeda antartipe Pajero Sport Dakar. Efeknya, kalaupun diganti turbo lebih besar, seandainya perbandingan gigi masih tetap mengandalkan versi lama, bisa jadi justru hanya bikin mesin menderung enggak karuan tanpa bertenaga.

Nah, keribetan tak hanya dari part. Karena belum pernah ada yang mengganti, alhasil butuh waktu lagi untuk mencari adjustment agar kinerja mesin benar-benar sesuai asli.

Contoh simpel, perbedaan kompresi Fortuner versi biasa yang 18,5:1 dengan Fortuner VNT yang 17,4:1. Pastinya, butuh penyesuaian lagi di bagian kepala silinder. Bayangkan saja mengeluarkan uang Rp 98 juta, itupun belum tuntas karena masih banyak ongkos lain yang wajib bayar.


Lalu, ingat kembali effort dan biaya yang keluar dengan harga unit mobilnya sendiri. Mesti tahu dulu apa yang mau dikejar. Sekadar tenaga besar atau memang gengsi punya turbo model terbaru?

Maksudnya, misalkan saja harga Fortuner D4D kelahiran 2009 yang masih di kisaran Rp 300 jutaan, bandingkan dengan Fortuner VNT gres yang dijual Rp 397 juta. Selisih Rp 97 juta, padahal kalau ganti turbo harus beli barang at least Rp 98 juta. Artinya, kenapa enggak jual saja lalu tuker sekaligus sama STNK berikut BPKB-nya?

Sama saja Pajero Sport Exceed kelahiran 2009 yang dijual di kisaran Rp 310 jutaan, sementara Dakar versi terbaru berkisar Rp 403 juta. Sekilas, beda Rp 93 juta terlihat besar, tapi, mengingat belanja part Rp 60 juta belum termasuk ongkos dan itupun menghilangkan garansi kendaraan. Masih rela ganti turbo tapi garansi hilang?

Tapi, kalaupun ada yang ingin mencoba demi rasa penasaran dengan segudang kelebihan dan kecanggihan turbo berjenis VGT atau VNT. OTOMOTIF pasti selalu siap menampung sebagai acuan pembaca lain loh. Siapa mau bereksperimen?. (mobil.otomotifnet.com)


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa