Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Optimalisasi Audio Jeep JK Wrangler Unlimited CRD 4 Door, Supaya Tak Dirundung Efek Dengung

billy - Rabu, 28 November 2012 | 10:03 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Optimalisasi sistem audio standar mobil baru kali ini menyasar ke besutan berkarakter jantan, Jeep JK Wrangler Unlimited CRD 4 Door. Pengetesan ini ditujukan untuk mengetahui apakah sound system yang membekali varian diesel 2.800 cc berpenggerak 4 roda itu, dapat dioptimalkan menyesuaikan telinga penggemar sound quality.

Kami sengaja mendaulat Wahyu Tanuwidjaja, instalatur car audio Tanah Air yang sudah akrab dengan sistem audio standar pada varian premium. Pengetesan langsung dimulai dengan memutar CD audio original dari salah satu grup cadas Amerika Serikat beraliran hard rock. Asumsinya, kendaraan jip identik dengan jiwa lelaki yang lebih menyukai musik berirama mengentak.

Settingan dibikin standar terlebih dulu lewat pengaturan pada menu Audio Control. Bass, mid dan treble pada fitur equalizer diposisikan nol (flat). Hasilnya, menurut Wahyu, masih terdengar suara yang kurang nyaman di telinga.

"Suara di depan terdengar efek humming (mendengung). Artinya di sini, ada suara yang bergumul di sekitar frekuensi 125-350 Hz. Hal ini lebih disebabkan dari boks speaker di dasbor kanan-kirinya, yang terbuat dari material plastik. Sehingga memudahkan terjadinya suara seperti ngung-ngung yang mengekor pada ritme lagu dari alat musik seperti gitar," jelas trainer sekolah car audio itu.

No caption
No credit
No caption

Sebenarnya ada solusi untuk menghilangkan efek humming tadi. Yaitu lewat penambahan peredam aspal 3 mm sebanyak 2 lapis, di bagian dalam boks speaker midbass standarnya. Supaya lebih rigid, tambahkan kapas luka ke dalam boks hingga padat, dan usahakan jangan dibikin terlalu keras. Trik ini ditujukan untuk menambah unsur akustik terutama di kabin depan.

Sedangkan untuk suara di kabin belakang yang dilengkapi dua speaker full-range pada bagian atapnya, juga dirasa belum pas oleh dedengkot EMMA Indonesia itu. "Kalau yang belakang, efek humming-nya lebih kentara. Tapi masih dapat diperbaiki dengan menambah kapasitor 50 µF sebagai high-pass, untuk menghilangkan frekuensi 500 Hz ke bawah secara gradual (berjenjang)," papar Wahyu menambahkan.

Treatment ini pun diyakini akan lebih mengoptimalkan kemampuan mereproduksi sound, terutama untuk jenis musik berirama mengentak.

Settingan Ideal Harian


Mendapatkan komposisi nada yang lebih baik, Anda yang masih awam sekalipun dapat mencobanya sendiri di rumah, dengan mengikuti beberapa step referensi hasil pengetesan OTOMOTIF bersama Wahyu Tanuwidjaja.

Terdapat dua opsi, yang pertama untuk kondisi belum dilakukan perbaikan seperti ulasan di samping. Yaitu memposisikan balance di level tengah (center), diikuti fader yang lebih memfokuskan suara di speaker depan dengan posisi front 4.

Opsi kedua jika kondisinya sudah dilakukan perbaikan seperti pada ulasan di samping, dengan memposisikan balance maupun fader di level tengah (center). Sementara untuk setelan equalizer, bisa dibikin sama dalam kondisi opsi pertama dan kedua.

Untuk suara bass dibikin flat atau nol (0). Nada mid disarankan diturunkan ke level -2. Sedangkan treble dimaksimalkan dengan menaikkan level ke posisi +5. Komposisi settingan pada head unit monitor standar Jeep JK Wrangler Unlimited CRD 4 door ini, sekadar untuk referensi saja dan masih dapat disesuaikan lagi mengikuti selera telinga Anda sebagai pengguna langsung.  (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa