Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasang Auto-up Power Window di pajero Sport

billy - Minggu, 25 November 2012 | 13:02 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Mode auto-up pada sistem power window (PW), berfungsi untuk memudahkan pengemudi ketika hendak menaikkan kaca pintu mobilnya. Cukup menarik ke atas tombol pada master PW sebelah kanan-depan sekali, yang disertai entakan saat switch tadi ditarik, maka secara otomatis motor PW akan mendorong kaca sampai tertutup rapat.

Sayangnya mode auto-up PW ini tidak tersedia di semua varian Mitsubishi Pajero Sport, seperti tipe GLS, Exceed maupun Dakar. Lantaran unitnya banyak diandalkan buat pemakaian harian, banyak yang sudah mengaplikasikannya mengandalkan peranti tambahan.

Sedikitnya 100 pemilik Pajero Sport, yang tergabung dalam komunitas Pajero Sport Family (PSF) sudah menerapkan mode auto-up di besutannya. Menurut Sonny, salah satu aktifis PSF yang ditemui langsung di kediamannya di daerah Bintaro Jaya sektor 9, Tangerang, dirinya pun sempat merasa kerepotan tiap kali menutup kaca mobilnya.

"Apalagi kalau lagi buru-buru, konsentrasi nyetir enggak terlalu fokus cuma gara-gara jari telunjuk harus menarik tombol PW beberapa saat supaya kaca bisa tertutup rapat," pungkas pria ramah itu (Gbr.1).


Aktifasi mode auto-up pada sistem PW standar Pajero Sport tidak lah sulit. Cukup bermodalkan modul auto up seharga Rp 250 ribu, sudah termasuk ongkos pemasangan bagi anggota dan kolega PSF. Pengerjaannya sekitar 15 menit, dilakukan dengan memaralel dan memotong beberapa kabel pada master switch PW, supaya sistem naik-turun kaca pengemudi dapat dimanipulasi oleh modul ini (Gbr.2).

Kabel yang mesti diparalel yaitu merah (modul) dengan kuning strip hijau (master switch) sebagai kontak PW. Kemudian kabel hitam (modul) ke hitam/ground (master switch). Terakhir kabel warna coklat (modul) ke hitam strip putih (master switch) untuk fungsi motor-down PW.

Sedangkan kabel master switch PW warna coklat strip putih yang ke arah switch-up, mesti dipotong agar dapat disambung kabel warna putih dari modul. Sementara yang menuju motor-up juga dipotong untuk menyambung kabel hijau dari modul. Pastikan semua sambungan ditutup rapat pakai selotip hitam, agar tak memicu korsleting (Gbr.3).

Rapikan semua kabel yang sudah tersambung tadi, dan sembunyikan modul auto-up di balik panel trim pintu pengemudi menggunakan double tape atau cable ties. Pasang kembali terminal kabel master switch PW pada soketnya (Gbr.4). Langsung rasakan bedanya. (mobil.otomotifnet.com)

 PSF : 0881-500787

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa