Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ragam Teknologi All New Nissan X-Trail, Rahasia Handling Nyaman

Selasa, 11 November 2014 | 17:13 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption


Jakarta - All New Nissan X-Trail hadir dengan tampilan yang benar-benar baru. Namun enggak hanya penampilan, banyak pula fitur baru ditawarkan, contohnya around view camera.

Tak hanya fitur, beragam teknologi baru pun disematkan, guna memberikan kenyamanan berlebih. Salah satu yang ditonjolkan adanya chassis control. Apa itu dan bagaimana cara kerjanya? Yuk kita kupas.

No caption
No credit
No caption

Jalanan bergelombang penumpang tetap nyaman, active ride control membuat minim guncangan

Chassis Control
Terdiri dari 3 hal; yaitu active ride control, active engine brake dan active trace control. “Ketiganya berfungsi untuk membantu pengendara lebih nyaman karena handling kendaraan lebih smooth dan sesuai dengan kemauan pengemudi,” terang Budi Nur Mukmin, Marketing Strategy and Communication Product Planning PT. Nissan Motor Indonesia.

Active ride control, teknologi ini bekerja untuk menyetabilkan pergerakan bodi di jalan bergelombang dengan mengontrol mesin dan rem, sehingga pergerakan bodi jadi tak liar.

Cara kerjanya, ketika berkendara di jalan bergelombang, maka chassis control akan mengaktifkan active ride untuk mengontrol putaran mesin dan rem, sampai kendaraan lebih stabil.

Active engine brake. Dengan transmisi matik apalagi CVT, tentu engine brake akan sangat minim, membuat mobil terasa ngeloyor ketika gas dilepas, apalagi di turunan.

No caption
No credit
No caption

Jalanan menurun, laju tetap terkontrol dengan bantuan active engine brake

Cara kerjanya, chassis control akan mengubah rasio transmisi ketika terjadi penurunan kecepatan secara drastis, sehingga engine brake akan lebih terasa, seperti ketika menurunkan gigi di transmisi manual. Tujuannya agar All New X-Trail lebih mudah dikendalikan.

Active trace control. Teknologi ini membantu pengemudi lebih mudah mengarahkan kendaraan saat di tikungan. Cara kerjanya, chassis control akan mengintervensi kedua rem roda depan yang oleh Nissan disebut “Modulating inside wheel’s brake,” sehingga roda yang di sisi dalam berputar lebih pelan, hasilnya mobil tak under steering dan mudah diarahkan.


Chassis control ini ternyata bisa diaktifkan atau dimatikan, tapi khusus yang trace control dan engine brake. Caranya masuk ke menu setting di layar digital tengah panel instrumen, dengan menekan tombol di setir. Lalu pilih driver assistance, kemudian masuk dan klik chassis control. Nah di dalamnya ada trace control dan engine brake, centang kalau mau mengaktifkan.
No caption
No credit
No caption

Pakai Xtronic CVT, biar responsif sekaligus irit

XTRONIC CVT
Bertujuan agar mesin lebih responsif dan irit, Nissan mencangkokkan transmisi Xtronic CVT ke All New X-Trail. “Ada 80 komponen baru, yang didesain agar akselerasi lebih responsif sekaligus konsumsi bensin lebih irit,” terang Yunosuke Yamada, Senior Manager Nissan Technical Center South East Asia yang menggawangi All New X-Trail.

Beberapa perubahan mendasarnya meliputi perbaikan di belt dan pulley, pengecilan pompa oli, elektronik baru pada pengontrol tekanan oli dan pelebaran rasio gir.

Berikutnya ada D-Step Logic, dimana fitur ini akan aktif pada saat pengemudi melakukan akselerasi mendadak. D-Step Logic ini membuat kendaraan lebih responsif seperti layaknya girboks matik biasa, namun menjaga putaran mesin tetap di bawah 4.000 rpm, sehingga konsumsi BBM tetap terjaga.


Menikung lebih nyaman karena minim under steering, nurut!

Menurut Yamada-san, sisi mesin kendati basisnya pakai X-Trail lama juga mengalami perbaikan. “Perubahan pada manajemen mesin,” ujarnya, tentu di bagian ECM (Electronic Control Module). Hal ini berkaitan dengan fitur baru yang disematkan.

Fitur itu meliputi Tumble Control Valve, untuk membuat emisi gas buang lebih bersih, dan Twin VTC (Valve Timing Control) untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar. (motor.otomotifnet.com) 

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa