Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Audi RS 7 Bisa Nyetir Sendiri Keliling Sirkuit Hockenheim

Selasa, 21 Oktober 2014 | 14:06 WIB
No caption
No credit
No caption


Ingolstadt - Melihat mobil bisa jalan sendiri tanpa pengemudi ternyata bukan impian lagi. Berbarengan dengan seri terakhir balap DTM (Deutsche Tourenwagen Masters) di sirkuit Hockenheim (19/10), Audi bikin pertunjukan seru. Sebuah sedan Audi RS 7 berputar mengelilingi sirkuit tanpa pengemudi yang mengarahkan mobil.

"Performa tertinggi dari Audi RS 7 hari ini menggambarkan kemampuan dari tim pengembangan kami berkaitan dengan piloted driving di Audi," ujar Prof. Dr. Ulrich Hackenberg, Board Member for Technical Development at AUDI AG. "Turunan dari mobil produksi massal, terutama dalam hal ketelitian dan performa, adalah nilai yang tinggi dari langkah pengembangan kami selanjutnya."

Bagaimana caranya Audi RS 7 ini mengitari trek dengan sempurna tanpa pengemudi? Teknologi yang dipakai didasarkan pada signal GPS. Data GPS ini ditransmisikan ke mobil pakai WiFi sesuai standar otomotif, terus menerus melalui gelombang radio berfrekuensi tinggi.

Sementara itu ada kamera 3D di mobil. Lalu program komputer membandingkan gambar dari kamera dengan data yang sudah disimpan. Dengan demikian, teknologi ini bisa mengarahkan mobil sesuai layout trek secara akurat dengan hitungan sentimeter.

Hasilnya, Audi RS 7 bisa melahap satu putaran di sirkuit Hockenheim dengan sempurna. Mobil berakselerasi, mengerem dan menikung dengan racing line yang biasa dipakai oleh pembalap profesional.

Gelaran ini menggambarkan sampai mana Audi meriset sistem pembantu untuk pengemudi atau driver’s assistance system. Piloted driving Audi dimulai 10 tahun lalu. Sedangkan pencapaian terakhirnya adalah meneliti batas fisik pengemudi dan menghasilkan pengetahuan dalam fungsi pengalihan otomatis pada situasi mengemudi yang genting. (mobil.otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa