Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Beberapa Komponen Kunci Hambat Produksi Massal Mobil Listrik Indonesia 2017

Senin, 23 Desember 2013 | 08:03 WIB
No caption
No credit
No caption



Jakarta - Dalam menggarap mobil listrik, tampaknya Pemerintah Indonesia yang menunjuk Kementerian Riset dan Teknologi, tidak setengah-setengah. Jadwal produksi dengan beberapa model sudah dijawalkan secara bertahap, mulai tahun depan sampai 2017.

Diawali dengan mobil listrik non-komersil tahun depan, kemudian dilanjutkan semi-komersil pada 2015, komersil (2016), dan produksi massal (2017).

Namun, Dr.Eng. Budi Prawara yang ditunjuk sebagai pengembang mobil listrik oleh Kemenristek mengaku belum tentu program itu bisa jalan sesuai jadwalnya. "Mengingat, komponen yang menjadi kunci belum bisa dikuasai sepenuhnya," jelas Head of Research Center divisi Tenaga Listrik & Mekatronik (Telimek) LIPI di sela-sela acara Malam Keakraban Teknologi Kendaraan Listrik di BPPT, akhir pekan.

Ditambahkan Budi, terdapat 5 teknologi kunci yang harus dikuasai jika ingin memproduksi kendaraan listrik. Teknologi tersebut, baterai, platform (sasis), charging system, elektronik, dan transmisi.

Tetapi paling tidak, sebut Menristek Gusti Muhammad Hatta, tongkat estafet pengembangan mobil listrik telah dimulai. Roadmap pengembangan pun telah dibuat dengan skenario berjangka multiyears. 

"Indonesia masih punya kesempatan, mumpung industri baterainya di dunia internasional belum maju. Baterai kita, sementara ini bentuknya besar tapi daya simpanya kecil. LIPI membangun pabrik baterai skala laboratorium. Biar daya simpannya tinggi maka dipakai teknologi nano, kemudian biar daya hantarnya besar pakai elektrolit padat," rinci Menristek. (mobil.otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa