Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sport Hybrid i-DCD, Senjata Baru New Honda Jazz

Jumat, 26 Juli 2013 | 12:07 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Tokyo - Honda sepertinya benar-benar serius mempersiapkan New Honda Jazz sebagai mobil masa depannya. Bahkan dengan populeritasnya yang tinggi, Honda masih juga menyematkan teknologi baru pada hacthback andalannya ini.

Ketika pemberitaan mengenai New Honda Jazz muncul, selain perubahan tampangnya, yang paling banyak bikin kita terpesona adalah hitungan konsumsi bahan bakarnya. Satu liter BBM bisa menempuh jarak sejauh 36,4 km, fantastis!

Apa yang dilakukan Honda sehingga New Honda Jazz layak disebut-sebut sebagai mobil paling irit BBM? Adalah penyematan teknologi pada mesin barunya, Sport Hybrid i-DCD. i-DCD sendiri merupakan singkatan dari Intelligent Dual Clutch Drive.

Mesin baru ini merupakan hasil pengembangan terbaru dari Earth Dreams Technology Honda. Tujuannya jelas meningkatkan efisiensi bahan bakar hingga lebih dari 35 persen dibandingkan sistem Hybrid konvensional IMA Honda.

Mesin ini juga punya ukuran yang lebih kecil, sehingga bobotnya pun lebih ringan, mengandalkan sistem hybrid satu motor untuk mesin-mesin kecil. EV Drive yang terdapat didalamnya, dapat memisahkan mesin bensin dan juga motor listrik.

Sementara bassis mesin bakarnya, berkapasitas 1.5 liter 4 silinder segaris, yang menerapkan siklus Atkinson (siklus rasio dengan ekspansi tinggi). Mesin ini dipadukan dengan transmisi 7 speed kopling ganda.

Sementara sistem built-in high-motor pada outputnya, dan IPU (Intelligent Power Unit) yang dilengkapi dengan baterai built-in lithium-ion. Selain itu juga mengadopsi electric servo brake system yang meningkatkan efisiensi listrik secara regeneratif dan kompresor listrik yang berguna untuk mengurangi beban pada mesin.

Sport Hybrid i-DCD terintegrasi dengan 3-mode driving system yang dapat mengaktifkan atau menonaktifkan mesin dan motor tergantung situasi pada saat mengemudi. 

Mode pengendaraannya ada 3 yakni EV drive dimana hanya tenaga listrik yang bekerja, Hybrid Drive Mode dimana tenaga listrik dan mesin bakar bekerja bersamaan, dan Engine Drive Mode hanya tenaga mesin yang bekerja.

Dengan teknologi ini, Honda semakin percaya diri untuk mengedepankan New Honda Jazz bersaing dengan mobil-mobil hybrid lainnya, tidak hanya buatan pabrikan Jepang seperti Toyota Prius, tapi juga semua mobil hybrid karya pabrikan global lainnya. (mobil.otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa