Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mencoba Fitur ECO Driving KIA All New Carens, Lebih Hemat BBM

billy - Rabu, 12 Juni 2013 | 16:05 WIB
No caption
No credit
No caption


Jakarta - Mengusung konsep mobil keluarga dengan kapasitas mesin yang tidak kecil, yakni 2.0 liter, tentu saja harus diimbangi dengan pengaturan efisiensi bahan bakarnya. Karena itu, KIA sudah melengkapi All New Carens dengan Fitur ECO Mode.

Fitur ini memungkinkan pengemudi untuk lebih efisien dalam berkendara. Pengoperasiannya menggunakan tombol ECO Mode yang terletak pada panel sebelah kanan dashboard, juga dilengkapi dengan lampu indikator pada meter cluster.

"Tinggal pencet tombol ECO untuk mengaktifkan maupun menonaktifkan ECO Mode," ujar Arifani Perbowo, GM Product Development KIA Mobil Indonesia.

Perubahan yang akan terasa ketika ECO Mode aktif, sensor pada mesin akan menahan akselarasi mobil, sehingga lebih halus dan menjadi minim hentakan. Begitupun sebaliknya ketika ECO Mode di nonaktifkan, maka tenaga akan sedikit lebih lepas. Ini terjadi pada All New Carens tipe transmisi otomatis.

Sementara pada All New Carens tipe transmisi manual, pengaturan ECO Mode ini sudah terjadi secara otomatis. Pengemudi akan dipandu bagaimana berkendara yang efisien, dengan perintah menaikkan atau menurunkan gigi rasio, sesuai dengan putaran mesin idealnya.

"Indikatornya terdapat pada meter cluster. Jadi kalau kita telat mengoper gigi, maka indikator akan menyala dan memberitahu kita untuk segera menaikkan atau menurunkan gigi. Dengan mengikutinya, maka pengemudian jadi lebih efisien," tambah Arifani.

Fitur ECO Mode ini memang bukan pertama kali diterapkan pada All New Carens. Produk KIA sebelumnya, seperti KIA Sportage, KIA Sorento, KIA Rio dan juga KIA Picanto sudah disematkan fitur ECO mode ini. (mobil.otomotifnet.com)



Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa