Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Knowledge Capasitor Bank, Tak Hanya Untuk Audio

billy - Kamis, 16 Mei 2013 | 16:14 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Menyebut capasitor bank (cap bank), pasti asumsi langsung untuk penyimpanan daya listrik komponen audio. Namun, ada fungsi lain yang bisa dimanfaatkan. Inilah yang diinginkan Handito pada Jeep Cherokee-nya ketika memasang cap bank.

"Kalau gue pakai untuk komponen lain. Terutama untuk winch. Maksudnya supaya winch dapat terus bekerja tanpa membebani aki," sebut pria yang rajin off-road.
No caption
No credit
No caption

Cap bank berfungsi menyimpan arus listrik dan memperkuatnya sehingga arus mengalir lebih stabil. Selain itu, jika tiba-tiba komponen listrik membutuhkan arus, diambil dari capasitor tersebut, bukan lagi dari aki. Ini membuat kinerja alternator dan aki lebih ringan dari sebelumnya.

OTOMOTIF pun minta bantuan Galeri Alternator di jl. H Nawi Raya, Jaksel untuk melihat performa cap bank ini. "Hasil pertama menunjukkan kalau aki dan pasokan listrik tak bagus. Sedangkan hasil kedua, semuanya jadi lebih baik," komentar Atek, pemilik Galeri Alternator.

Ripple volts menunjukkan gelombang pengisian listrik dari alternator ke aki. Semakin tinggi angka semakin jelek.

Tertarik? Pilih capasitor bank dengan farad besar. Semakin besar angka farad semakin besar pula kapasitas penyimpanan listriknya. "Kalau produk yang biasa-biasa saja berkisar Rp 350-700 ribu. Kecuali yang buatan Amerika, bisa jutaan rupiah," sebut Andrie, instalatur audio, Bassindo. (mobil.otomotifnet.com)


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa