Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Dia Racikan Teknologi EarthDreams All New Honda Accord

Selasa, 30 April 2013 | 15:02 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Honda pertama kalinya membawa teknologi EarthDreams yang tersemat pada mesin terbaru dari All New Honda Accord. Banyak keunggulan pada mesin ini, yang tujuannya agar bahan bakar dan kadar gas buang jadi lebih hemat.

Tentu saja, hasil yang ditawarkan saat ini pada mesin tersebut, seperti bobot yang lebih ringan 10 persen, juga efisiensi bahan bakar yang lebih irit 7-9 persen, punya racikan tersendiri dari para insinyur Honda.

Karenanya, otomotifnet.com tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk bertemu langsung dengan Junji Sugimoto, yang merupakan LPL Assistant Honda Motor Co.Ltd, serta Masanori Hashimoto, Technical Engineer Powertrain PT Honda R&D Indonesia. Keduanyalah yang berjasa melahirkan All New Honda Accord dengan teknologi mesin EarthDreams.

Secara umum, Junji Sugimoto mengungkapkan, All New Honda Accord dapat disimpulkan dalam tiga hal, handling lebih baik, fun to drive, dan nyaman, berkat ruang kabin lebih senyap.

"Kami melakukan tiga hal pada All New Honda Accord. Dengan mengaplikasikan frame work baru, penyempurnaan pada suspensi depan dan sub-frame belakang," paparnya.

Begitupun dengan pengaplikasian teknologi EarthDreams pada All New Honda Accord. Masanori Hashimoto menjelaskan, Mesin EarthDreams saat pengembangannya punya tujuan agar tetap punya performa yang baik, sekaligus juga irit bahan bakar dan ramah lingkungan. 

"Karenanya, kami berfikir bagaimana caranya mengurangi bobot mesin, mengurangi gesekan, dan juga melakukan improvisasi disektor pembakaran," jelasnya.

Para insinyur Honda mendesain ruang pembakaran menjadi lebih kompak, sehingga bisa lebih efisien dalam mengkonsumsi bahan bakar. Juga melakukan improvisasi terhadap komponen-komponen bergerak agar lebih minim gesekan.

Guna mengurangi bobot mesin pun, Honda menggunakan material plastik untuk mengganti komponen yang sebelumnya menggunakan material alumunium. Kemudian, menggunakan material alumunium pada komponen yang sebelumnya menggunakan material besi baja. 

"Sehingga mesin ini bisa lebih ringan sampai sekitar 10 persen," lanjut Masanori.

Sementara efisiensi bahan bakarnya, khusus untuk Indonesia, Honda memang belum melakukan pengujian secara resmi, akan tetapi, mengacu pada hasil pengujian yang dilakukan Honda pada All New Accord di Australia, hasilnya All New Honda Accord berhasil mengefisiensikan konsumsi bbm antara 7-9 persen.

"Kenapa kami mengacu pada Australia, karena secara spesifikasi paling mirip dengan yang di Indonesia. Meski untuk acuan secara resmi tidak bisa dilakukan, karena kami sendiri pun belum melakukan pengujian di Indonesia. Jadi, hanya sebagai gambaran saja," jelasnya.

Honda pun mengatakan, pengembangan mesin EarthDreams pada Honda Accord ini benar-benar menggunakan frame work engine terbaru, meskipun tetap menggunakan kapasitas mesin 2.4 liter DOHC i-VTEC. Tenaga yang dihasilkan 176 hp pada 6.200 rpm dengan torsi maksimal 225 Nm pada 4.000 rpm.

"Kami membangun mesin ini benar-benar dari nol," ujar Masanori saat wawancara ekslusif dengan otomotifnet.com. (mobil.otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa