Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yuk, Intip Sekilas Pembuatan Model Clay Nissan

Selasa, 9 April 2013 | 14:06 WIB
No caption
No credit
No caption


Jepang – Proses pembuatan clay model merupakan salah satu proses dari rangkaian pembuatan sebuah prototype mobil. Biasanya, proses ini dilakukan setelah pembuatan sketsa kasar. Dan terintegrasi dengan rancangan 3D di sebuah rumah desain.

Pabrikan asal Jepang, Nissan sempat memperlihatkan proses pembuatan clay model di Technical Center yang berlokasi di kota Atsugi, Jepang. Dan istimewanya, model yang sedang dikerjakan adalah hatchback Note dengan skala 1:1. Penasaran bagaimana pembuatannya? Ayo, lanjut.

Untuk memulai tahap modeling, dipilih clay (lilin) khusus dengan kandungan minyak lebih banyak yang biasanya berwarna coklat terang. Clay ini harus terus disimpang pada oven bersuhu 60 derajat Celsius untuk menjaga kondisi tetap lembek. Karena, saat dibawa di suhu ruang, clay akan mengeras dan susah dibentuk.

Selanjutnya, tempel clay pada cangkang ‘kerangka’ yang telah diukur dimensinya. Clay sendiri berfungsi sebagai pembentuk bodi. Sehingga seluruh lekuk bodi, lampu hingga kaca dari render 3D dapat diwujudkan dalam skala sesungguhnya.

Oiya, untuk membentuk lekuk yang pas, para insinyur masih menggunakan tangan dengan bantuan plastik keras untuk meratakannya. Sepintas kerjaan ini seperti membuat mainan lilin saat anak-anak.

Setelah clay mengeras, saatnya menempelkan lapisan plastik sebagai cat bodi dan kaca gelap imitasi. Jika sudah selesai, sepintas tampilan luar nyaris tak dapat dibedakan antara clay model dan mobil aslinya. Tentu saja, clay model tak memiliki mesin seperti mobil nyata ya. (mobil.otomotifnet.com) 


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa