Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ulik Audio Toyota NAV1 2012, Musik Asyik, Bagasi Tak Terusik

billy - Senin, 15 April 2013 | 10:05 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Merancang tatanan audio yang mampu menghasilkan kualitas suara terbaik plus dentuman bass mantap, umumnya sedikit memakan ruang, terutama bagasi. Apalagi bila diterapkan pada jenis van dengan kondisi jok baris belakang terpasang.

Soalnya, ada beberapa perangkat audio yang butuh ruang agak besar. Antara lain subwoofer dan power amplifier. Tapi itu tidak berlaku bagi Zasum, punggawa Pesona Audio yang bermarkas di Jl. Pos Pengumben No.32B, Kelapa Dua, Kebun Jeruk, Jakbar.

Buktinya, instalasi sederet peranti audio hi end yang ia terapkan pada Toyota Nav1 2012, sama sekali tidak memakan ruangan di balik jok baris ke-3. “Sengaja didesain bagasi tetap fungsional,” tukas Zasum.

Malah, kalau diperhatikan ruang bagasi sama sekali tak nampak ada subwoofer di sana. Eits, coba tuh perhatikan di sebelah kanan power speaker Cello Classic CA150, ada yang berbentuk kotak berwarna hitam. Nah, di balik itu ngumpet 1 unit subwoofer Alpine Type X 10 inci.


Jadi, cover di atas landasan bagasi yang warnanya dibikin sama kayak doortrim itu merupakan boks sub dan 2 buah power amplifier.

“Tadinya mau bikin rata dengan lantai kabin. Tapi, karena subwoofernya agak tinggi, jadi sedikit nongol deh,” terang pria asli Purwokerto, Jateng ini. Tapi, tetap tidak mengganggu fungsi dari bagasinya sendiri.

Oh iya, masih menurut Zasum, meski mengusung sub berdiameter 10 inci yang cendrung lebih sip buat sound quality, ternyata juga bisa digenjot untuk SPL. Soalnya didukung head unit hi-end Clarion NX 702 dan power sub keluaran Alpine tipe PXX-1.1000.

“Buat dengerin musik keras atau lembut, maupun film dengan aransemen senada pun hayo aja,” yakinnya. Nah, untuk mendapatkan suara yang center di tengah sehingga penumpang di baris kedua, juga bisa fokus di posisi driver. Zasum mengarahkan  speaker pilar keluaran Flux asal Jerman bersistem 3 way untuk sebelah kiri, tepat di tengah antara jok driver dan jok penumpang depan.

“Sementara, speaker pilar bagian kanan saya arahkan agak geser ke kanan 10 cm dari titik tengah,” beber Zasum lagi. Sedang untuk mengakomodir telinga penumpang di baris paling belakang, di posisi speaker standar bawaan mobil, diganti coaxial berlabel Vocal 130CVX 5,5 inci. (mobil.otomotifnet.com) 


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa