Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Intip Rahasia Iritnya Astra Daihatsu Ayla

Kamis, 8 November 2012 | 14:50 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption


Jakarta – Otomotifnet.com yang sempat mencicipi kemampuan Astra Daihatsu Ayla merasa cukup kagum dengan efisiensi BBM nya yang menembus angka 20 km/liter dengan metode Eco Driving. Hal ini tentu menggelitik kami untuk mengulik mesin yang diusungnya.

Untungnya, di ajang bertajuk Astra Daihatsu Ayla Eco Driving Challenge pada Selasa (6/11) dihadiri Shin-Ichi Nanba, Project Manager E/G Compartement Module Development Dept. R&D Division Daihatsu Motor Co. yang bertanggung jawab atas pemilihan mesin pada Ayla.

“Kami memilih mesin 1KR-DE yang dikembangkan khusus Ayla di Indonesia. Mesin ini berbeda dengan tipe 1KR-FE yang dipakai oleh Toyota Aygo, iQ atau Daihatsu Cuore meski basis tiga silindernya sama. Sedangkan konstruksi dan bahan baku dengan mesin EJ-VR milik Xenia 1.0 juga jauh berbeda,” ungkapnya.

Kunci lainnya yang membuat Ayla lebih irit hadir dari bobot mesinnya yang hanya 53 kg, lebih ringan dari mesin Xenia yang berbobot 65 kg. “Mesin Ayla memakai lebih banyak bahan die cast aluminum, sedangkan Xenia masih memakai bahan besi. Hal tersebut mempengaruhi bobot,” jelas Nanba-san.


Sebagai catatan, total bobot kosong Ayla hanya 730 kg. Jauh lebih ringan ketimbang citycar lain, seperti Mirage 860 kg, Picanto 910 kg dan Brio 910 kg.

Dirinya juga menambahkan jika beberapa bagian mesin Ayla mengalami perbedaan signifikan dengan milik Xenia.

“Diantaranya bagian water jaket, oil jet sistem di piston yang berlapis teflon. Serta silinder yang bertipe long stroke agar tetap bertenaga dan irit.  Ayla juga memakai timing chain bukan timing belt, agar lebih efisien,” papar pria berkacamata ini.

Uniknya, saluran pembuangan  pada tiap silinder langsung disatukan dibagian exhaust. Sehingga lubang knalpot hanya ada satu, bukan tiga seperti mesin 3-silinder pada umumnya.

Sayangnya, untuk menekan harga Ayla, teknologi VVT-I yang digadang-gadang Daihatsu dan Toyota terpaksa dilengserkan. Namun, fitur ECO driving dapat memandu pengendara untuk memaksimalkan efisiensi BBMnya.


Mau tahu lebih banyak seputar Daihatsu dan berdiskusi langsung dengan sesama pecinta Daihatsu? Yuk, gabung di solusisahabat.com (mobil.otomotifnet.com)

Spesifikasi Mesin Astra Daihatsu Ayla VS Daihatsu Xenia 1.0:

Ayla
Tipe:1KR-DE
Kapasitas:998 cc
Valve Train:DOHC
Drive type: Timing Chain
Bore X Stroke:71 x 84 mm
Tenaga:65 dk @ 6000 rpm
Torsi:88 @ 3600 rpm
 
Xenia
Tipe:EJ-VE
Kapasitas:989 cc
Valvetrain:DOHC
Drive type:Timing Belt
Bore X Stroke:72 x 81 mm
Tenaga:63 dk @ 5600 rpm
Torsi: 90 Nm @ 3600 rpm

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa