Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Baterai Lithium Ion Untuk EV Siap di Produksi, Bakal Lebih Awet 30 Persen

Selasa, 7 Agustus 2012 | 07:03 WIB
No caption
No credit
No caption


Jepang Teknologi mobil memang terus berkembang. Salah satunya teknologi baterai pada mobil elektrik (EV) dan hybrid. Tak cukup mengandalkan baterai yang telah ada saat ini, beberapa perusahaan juga mulai mengembangkan baterai berbasis Lithium Ion yang lebih awet hingga 30 persen.

Sayangnya, kendala terjadi di ongkos produksi yang dijamin jauh lebih mahal ketimbang baterai standar berbahan NiMH atau NiCD. Namun kabarnya, empat perusahaan Jepang siap memproduksi massal baterai lithium ion dengan harga yang lebih terjangkau.

Perusahaan tersebut adalah Kureha, Kuraray dan Itochu, serta perusahaan dana investasi swasta, Innovation Network Corporation of Japan. Keempatnya bekerja secara patungan dalam mengembangkan komponen baterai inti berupa elektroda negatif.

Sementara Kureha dan Kuraray telah membentuk proses yang mengubah bahan tanaman menjadi arang untuk digunakan dalam elektroda negatif. Perusahaan tersebut mengklaim jika materi baru dapat meningkatkan daya tahan baterai sebanyak 30 persen dan mempersingkat waktu charging pada EV dan plug-in hybrid.

Kemitraan ini akan menyerap dana sekitar 20 miliar yen untuk membangun pabrik-pabrik, dengan volume produksi akan dimulai di Jepang pada tahun 2014. Baterai produksi Jepang tersebut juga ditargetkan terjual di AS, China serta negara lain setelah mulai produksi dalam negeri.

Selain itu, aliansi ini melihat adanya produsen Jepang lainnya untuk mengembangkan bahan penting lainnya untuk baterai lithium ion. Maklumlah, kemitraan dan penyatuan sumber daya ini dirancang untuk menjaga kepemimpinan Jepang dalam bidang ini, yang berada di bawah ancaman dari saingan Cina dan Korea Selatan. (mobil.otomotifnet.com)


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa