Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Peduli Lingkungan, Honda Daur Ulang Material Baterai

Senin, 7 Mei 2012 | 17:01 WIB
No caption
No credit
No caption


Jepang – Meski terdengar ramah lingkungan, namun mobil hybrid atau elektrik juga memiliki kelemahan yang justru dapat merusak lingkungan. Bahaya tersebut diantaranya limbah baterai yang mengandung partikel logam berbahaya.

Dan sebagai langkah menanggulangi dampak kerusakan lingkungan akibat limbah baterai tersebut, pabrikan mobil Honda mengumumkan program daur ulang baterai mereka. Proyek ini dikembangkan bersama Japan Metals & Chemicals Co.

Cara mendaur ulang baterai Honda ini dengan cara mengekstrak bahan metal langka (rare earth metal) pada baterai bertipe nickel-metal hydride, yang saat ini dipakai oleh sebagian besar kendaraan hybrid dan elektrik.

Nantinya, baterai bekas dari mobil Honda akan dikumpulkan dari konsumen melalui bengkel Honda baik di Jepang, atau di luar Jepang. Kemudian baterai dikirim ke pusat daur ulang.

Di lokasi daur ulang tersebut, baterai bekas akan melewati proses mengapur dan penyortiran elemen serta ekstraksi. Selanjutnya saat bahan metal langka dan nikel mulai terpisah, kedua bahan terebut dapat digunakan kembali sebagai material baterai nickel-metal hydride yang baru 

Proses daur ulang ini diklaim mampu mengembalikan 80 persen metal langka pada baterai. Selain menghemat biaya, proses ini juga mampu menjaga lingkungan dari kerusakan akibat limbah baterai. (mobil.otomotifnet.com)



Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa