Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Review Pioneer DEH-9350 SD

billy - Jumat, 3 Februari 2012 | 07:05 WIB
No caption
No credit
No caption

 
No caption
No credit
No caption
 
JAKARTA -
Head unit single DIN Pioneer DEH-9350 SD, yang dijadikan gift bagi pembaca setia tabloid OTOMOTIF yang memenangkan kuis GenBrani Otomotif, sebenarnya merupakan seri yang memiliki fitur serta kelengkapan cukup komplet untuk dipakai harian.

Secara visual saja dapat langsung ditengarai, kalau seri DEH-9350 SD memiliki tampilan casing yang mewah, layaknya tipe-tipe teratas pada lini produk ini seperti DEH-9980 RS.

Bagaimana soal kelengkapan menu setting audionya? Menurut Eddie Soesanto dari Cartens Autosound, head unit ini tergolong lengkap. "Komponen di dalamnya sepertinya sudah dirancang lebih bagus, ketimbang seri-seri lainnya di kelas ini," buka Eddie.

Apa saja yang melengkapi head unit seharga Rp 2 jutaan ini? Pastinya menu in car entertainment sudah melengkapi varian ini. Mulai dari function, audio hingga entertainment, menjadi satu kesatuan yang mudah dioperasikan.

Untuk masuk ke menu tadi, cukup menekan sekali tombol navigasi (volume) di panel depan. Untuk memilih opsi pengaturan, tinggal memutar tombol ke kakan atau kiri.

Pada menu function, pemakai disuguhi pilihan pengaturan untuk mode play (disc/track repeat), random, pause serta sound retriever. Fungsi terakhir ini bisa digunakan buat menaikkan kompresi lagu, jika kebetulan file MP3 yang tersimpan dalam flash disc kurang bagus terdengar.

Beralih ke menu audio. Di sini Anda dapat mengatur kualitas suara layaknya seorang instalatur. Dibekali fitur fader dan balance, dengan hanya menekan tombol navigasi ke atas dan bawah (fader F/R), atau ke kiri dan kanan untuk mengatur level balance (balance L/R).

Kemudian loudness untuk menaikkan level bass, subwoofer untuk melengkapi pemakaian dengan komponen penyuplai nada low ini. Tersedia pula bass booster mulai level 0-6, serta equalizer dengan 5 grafik yang dapat men-setting frekuensi mulai 100 Hz hingga 8 kHz.


 Tiga menu utama yang mudah digunakan oleh pengguna awam sekalipun
Paling istimewa dari fitur pengaturan audio bawaan Pioneer DEH-9350 SD, seperti menu HPF (High Pass Frequency) serta SLA (Sound Level Adjustment). "HPF bisa di-setting dari 50 Hz, 63 Hz, 80 Hz, 100 Hz hingga 125 Hz. Sedangkan SLA buat mengoptimalkan level volume antar source (media penyimpan lagu), sehingga suaranya dapat terdengar lebih imbang antara satu dengan yang lain," jelas Eddie.

 Untuk mengatur tampilan panel head unit dengan balutan cahaya putih ini, Anda bisa mengatur sesuai keinginan melalui menu entertainment. Opsi ini memungkinkan pemakai untuk mengubah tampilan background panel dengan pilihan lima picture, animasi (movie), serta tampilan kalender berikut hari dan jam untuk memudahkan memantau jadwal kerja Anda.

Secara musikalitas, sound yang mampu diciptakan Pioneer DEH-9350 SD, tak beda jauh dengan seri-seri di bawahnya. Sebab produk ini sepertinya memang dirancang untuk kebutuhan daily use, yang tidak menuntut banyak ubahan pada komponen standar di kabin mobil.

Terpenting adalah, head unit ini sudah dibekali fitur iPod/iPhone ready. Sehingga akan lebih memudahkan para penyuka multimedia, untuk menikmati beragam musik favoritnya dari peranti gadget mereka.

Enggak bakal rugi deh ikutan kuis GenBrani OTOMOTIF.    (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa