Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Preview Produk Audio 2012, Bertebar Fitur Pintar

billy - Jumat, 20 Januari 2012 | 15:04 WIB
No caption
No credit
No caption

JAKARTA - Memasuki semester awal tahun 2012 ini, pencinta car audio akan dipuaskan dengan beragam penawaran menarik. Produk-produk baru yang akan digelontor oleh tiap agen pemegang merek (APM)-nya, dikemas dalam aneka fitur pintar yang menggabungkan unsur multimedia dan in-car entertainment.

Sebut saja teknologi 3D yang dirancang built-in pada head unit monitor, bakal memuaskan para gadget freak ketika sedang mengatur tampilan layar atau memindahkan aplikasi multimedia. Karena fitur pintarnya ini dapat digunakan semudah memakai peranti gadget andalan mereka.

Adapula teknologi mixing seperti yang digunakan para DJ (Disc Jockey), supaya pengguna dapat bereksperimen saat mendengarkan musik-musik favoritnya.

Nah, seperti apa produk gres yang bertabur fitur di tahun 2012, silakan simak preview-nya ini.

No caption
No credit
No caption
Pioneer
PT Adab Alam Electronic (AAE), agen resmi produk car audio Pioneer di Tanah Air, rencananya akan menghadirkan teknologi terbaru di dunia in-car entertainment. 

"Teknologi Mixtrax akan dihadirkan pada beberapa varian terbaru Pioneer, yang secara resmi akan di-launching untuk pasar Indonesia pada akhir Februari 2012 mendatang," kata Henry Darmawan, National Sales Manager-Car Audio Division AAE, yang menghubungi melalui telepon selular beberapa waktu lalu.

 Fitur pintar ini akan melengkapi sedikitnya 3 varian terbaru Pioneer untuk tahun ini. Yaitu DEH-5450SD dan DEH-6450BT yang merupakan tipe single DIN, serta head unit monitor AVH-P8450BT.

Sebenarnya seperti apakah fitur Mixtrax itu? Teknologi ini merupakan inovasi terbaru yang mampu menciptakan sebuah rangkaian musik tanpa terputus/jeda, dan dikombinasi dengan campuran beberapa efek yang terinspirasi dari permainan seorang DJ.

Melalui peranti pendukung software Mixtrax yang sudah tertanam pada PCB head unit Pioneer ini, koleksi file lagu yang sudah disortir terlebih dulu oleh penggunanya melalui PC/laptop, akan dianalisis dan diidentifikasi berdasarkan suhu dan BPM (Beats per Minute)-nya.

Sehingga saat perpindahan tiap track lagu yang sudah diurutkan tadi, akan terdengar lebih harmonis layaknya musik yang telah di-mixing.

"Mixtrax juga dapat mengatur detik atau menit ke berapa yang akan dimainkan pada lagu selanjutnya. Sehingga si pendengar dapat membuang bagian lagu yang dianggapnya tidak perlu," jelas Michael Kenny dari Pioneer Indonesia.

No caption
No credit
No caption

Sony Xplod
Model 2012 dari Sony Xplod (car audio) salah satunya adalah seri CDX-GT610US. Head unit single CD terbaru yang diageni PT Berkat Audio Perkasa Jaya (BAPJ) ini, sebenarnya sudah diperkenalkan di akhir 2011 lalu. "Tapi unitnya baru siap dipasarkan untuk umum pada tahun ini, karena model ini merupakan versi 2012-2013," jelas Akiong, direktur BAPJ yang ditemui OTOMOTIF di markasnya, Senin (16/1) lalu.

Fitur pintar yang diunggulkan pada seri CDX-GT610US ini seperti Digital Clarity Tuner. Teknologi milik Sony Jepang ini merupakan terobosan terkini di dunia audio mobil, khususnya untuk sektor penerimaan frekuensi radio pada head unit.

Hal ini menjadikan suara radio tak berbeda jauh dengan sound dari CD audio, karena didukung kemampuan menangkap sinyal frekuensi radio yang lebih baik, dengan kualitas stereo berkat teknologi digital processing.

No caption
No credit
No caption

Ultra Drive
Power amplifier Ultra Drive tahun ini kembali menghadirkan komponen anyarnya berlabel RF-100.4 Reference Series. Produk pendukung untuk melakukan setting audio SQ (Sound Quality) ini dibekali fitur terbaru yang tidak terdapat pada seri sebelumnya.

Seperti konektor RCA yang didesain model gold plated, menjadikan rambatan arus tegangan tinggi yang masuk dari head unit lebih aman dan tanpa hambatan.

Ultra Drive RF-100.4 dengan output 4 kanal ini, dibekali frekuensi respon 20 Hz-20 KHz pada 0,5 dB. Dengan kemampuan mem-filter mulai 40-200 Hz (LowPass) hingga 55-1,2 KHz (HighPass).  

No caption
No credit
No caption

JBL Procoustics MS-2
Melanjutkan kesuksesan produk equalizer canggih untuk sistem audio standar pabrikan mobil, JBL tahun ini resmi meluncurkan produk pendukung sound quality bagi car audio mania Tanah Air.

Debut awal produk equalizer JBL MS-2, yang juga berperan sebagai prosesor pintar ini, ketika sedang menjamurnya kembali event kontes audio SQ di Indonesia pada 2010 lalu.

Generasi kedua, JBL ProCoustics MS-2, merupakan penyempurnaan dari JBL MS-2 versi sebelumnya. Fitur pintar yang didedikasikan bagi kalangan pencinta multimedia ini berupa modul USB, untuk pemakaian bareng gadget terkini mulai iPod, iPhone hingga smartphone lainnya.

"Modul USB juga berfungsi sebagai charger buat pemakaian perangkat player eksternal. Jadi tak perlu khawatir baterai iPhone atau BlackBerry habis, karena selama dihubungkan dengan modul USB ini baterai otomatis langsung di-charge," jelas Akiong, Direktur PT Berkat Audio Perkasa Jaya selaku agen resmi JBL car audio di Tanah Air.


Audiobank
Head unit monitor berkualitas dengan harga terjangkau seperti Audiobank, di tahun 2012 ini juga menghadirkan seri terbarunya, AB-TV6958. Ditawarkan dalam dimensi 6,9 inci dengan beberapa fitur unggulan layaknya sebuah gadget pintar.

Sebut saja teknologi 3D yang menghiasi panel LCD dengan tampilan eye catching-nya ini. Fitur pintar ini memungkinkan penggunanya untuk dapat memindahkan berbagai fungsi pada head unit, semudah mengganti aplikasi seperti pada iPad atau iPhone.

Cukup menyentuh layar sentuhnya kemudian menggeser ujung jari ke atas atau ke samping (scroll), tampilan aplikasi yang lain langsung tersaji dengan cepat pada layar.

Selain itu, tiap icon fitur pada tampilan monitornya juga dapat dipindah posisinya sesuai selera, mirip dengan teknologi Move yang terdapat pada BlackBerry.   (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa